Dark/Light Mode

Mangkunegara X & Dirjen Kebudayaan Ikut Serta

Ribuan Pelari Meriahkan Hari Tari Dunia dan HUT ke-267 Pura Mangkunegaran

Minggu, 28 April 2024 14:07 WIB
Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X (kanan) bersama Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid. (Foto: Istimewa)
Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X (kanan) bersama Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ribuan pelari turut merayakan perhelatan Mangkunegaran Run dan Hari Tari Dunia yang diadakan di Solo, Minggu (28/4). Dalam memeriahkan acara ini, Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan Kemendikbudristek mendatangkan seniman tari nasional ternama seperti Eko Supriyanto, Rama Suprapto, dan Melati Suryodarmo. Ribuan warga yang hadir pun terhibur dengan pertunjukan tari yang memukau dan flashmob yang seru.

Kegiatan ini menandai kolaborasi dan komitmen antara Dirjen Kebudayaan dan Mangkunegaran dalam mengangkat dan merayakan kekayaan kebudayaan Indonesia. Perayaan kebudayaan ini merupakan rangkaian dari Adeging Mangkunegaran untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-267 Pura Mangkunegaran.

Baca juga : Satgas Pangan Polri Pastikan Harga Turun Sebelum Bulan Puasa

Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan, penghargaan terhadap kebudayaan tidak hanya menghibur, tetapi juga berperan penting dalam membangun masyarakat yang lebih kokoh dan produktif.

Hilmar Farid dan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X atau Gusti Bhre berharap, kegiatan kebudayaan seperti ini mendukung pemahaman dan apresiasi terhadap keragaman budaya, yang pada gilirannya memperkuat ikatan sosial dan meningkatkan keharmonisan.

Baca juga : Ganjar Siapkan Strategi Stabilkan Harga Sembako Dan Terjangkau Warga

“Melalui seni dan budaya, masyarakat dapat mengekspresikan diri, bertukar ide, dan bekerja bersama untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah dan inklusif,” ujar Hilmar, seperti keterangan yang diterima redaksi, Minggu (28/4).

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan apresiasi atas kegiatan Adeging Mangkunegaran yang bisa memberikan dampak positif kepada Kota Solo. Hal ini disampaikan Wakil Presiden terpilih itu pada kegiatan konferensi pers, Kamis (18/4). Gibran dan Mangkunegoro X kerap berkolaborasi dalam membangun pariwisata di Kota Bengawan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.