Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Keluarga Kerajaan Dan Pejabat Pemerintah Bahrain Ramaikan Perayaan HUT Ke-77 RI Di Manama

Jumat, 23 September 2022 20:36 WIB
Penampilan Angklung dan Tari Tradisional di KBRI Manama, Bahrain. (Foto: Istimewa)
Penampilan Angklung dan Tari Tradisional di KBRI Manama, Bahrain. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Manama menyelenggarakan Malam Resepsi Diplomatik Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke–77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Kamis (22/9). Acara ini dihadiri  sejumlah dignitaries pejabat tinggi Pemerintah Bahrain.

Tamu yang hadir diantaranya, Menteri Pariwisata Kerajaan Bahrain Fatimah Jaafar Al Sairafi, Sekretaris Jenderal Dewan Pendidikan Tinggi Kerajaan Bahrain Dr. Sheikha Rana binti Isa bin Daij Al Khalifa, dan Direktur Jenderal Urusan Konsuler dan Administrasi Kementerian Luar Negeri Kerajaan Bahrain Dr. Mohamed Ali Bahzad.

Selain itu sejumlah perwakilan keluarga kerajaan, anggota parlemen, duta besar dan diplomat negara sahabat, serta kalangan pengusaha dan friends of Indonesia di Bahrain juga ikut hadir merayakan HUT ke–77 Kemerdekaan RI.

Baca juga : Pemerintah Siagakan Layanan Kesehatan KTT G20 Di Bali

Alunan sejumlah lagu popular seperti We Are the World dan Kun Anta serta lagu tradisional Manuk Dadali juga turut memeriahkan jalannya malam resepsi. Dengan diiringi alunan alat musik Angklung dan semarak dekorasi bernuansa merah putih, sebanyak lebih dari 300 orang tamu undangan tidak dapat mengalihkan pandangannya dari atas panggung.

Para tamu undangan tidak dapat menyembunyikan kekagumannya karena dapat menikmati lagu populer berbahasa Arab dan bahasa Inggris yang dapat dimainkan dengan Angklung.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Bahrain, Ardi Hermawan menyampaikan, Bahrain merupakan salah satu mitra utama dan sahabat Indonesia di kawasan Teluk. Eratnya hubungan bilateral kedua negara terefleksikan dalam berbagai sektor, baik pada bidang politik, ekonomi, sosial budaya, dan perlindungan Warga Negara Indonesia.

Baca juga : Kendaraan Dinas Jadi Mobil Listrik, Pemerintah Siapkan Aturannya

"Upaya saling dukung di berbagai forum internasional, saling kunjung antar pejabat tinggi, peningkatan nilai perdagangan hingga 49 persen di semester I tahun 2022, kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai program kesenian dan budaya, serta pemberian fasilitas vaksinasi dan pengobatan Covid-19 secara gratis bagi WNI di Bahrain merupakan sejumlah contoh eratnya persahabatan Indonesia dan Bahrain," jelasnya.

Dubes Ardi menekankan peran strategis Indonesia Presidensi G20 yang tengah diemban dalam memperkuat hubungan bilateral Indonesia–Bahrain.

“Sebagai Presiden G20 dan sejalan dengan tema Recover Together, Recover Stronger, Indonesia mengajak Bahrain untuk mendukung upaya mewujudkan infrastruktur kesehatan global yang kuat, transisi energi ke arah energi terbarukan, dan transformasi digital," ungkapnya.

Baca juga : CSIS: Sebaiknya Pemerintah Menyerahkan Harga BBM Ke Mekanisme Pasar

Terkait dengan ASEAN, Dubes Ardi juga menegaskan dukungan Indonesia terhadap komitmen Bahrain untuk menjadi salah satu negara mitra dialog sektoral ASEAN di masa mendatang.

Melalui kegiatan Resepsi Diplomatik, KBRI Manama juga mempromosikan sejumlah kuliner khas Indonesia. Para tamu undangan tampak menikmati sejumlah sajian seperti Soto Ayam, Nasi Goreng, Gado Gado, dan Rendang. Tidak lupa juga turut disajikan sejumlah jajanan pasar antara lain Pisang Molen dan Kue Lapis Surabaya.

Malam Resepsi Diplomatik semakin menyempurnakan Rangkaian Perayaan HUT ke – 77 Kemerdekaan RI di Bahrain. Sebelumnya, KBRI Manama bekerja sama dengan komunitas diaspora Indonesia di Bahrain juga telah menyelenggarakan rangkaian perlombaan sejumlah permainan tradisional dan olahraga pada bulan Juni hingga Agustus serta Upacara Bendera yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2022. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.