Dark/Light Mode

Putar Balik, Garuda Tunggu Pesawat Pengganti Berangkatkan Jemaah Haji Makassar

Rabu, 15 Mei 2024 19:58 WIB
Ilustrasi maskapai penerbangan jemaah haji. Foto: Instagram/garuda.indonesia
Ilustrasi maskapai penerbangan jemaah haji. Foto: Instagram/garuda.indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka - Penerbangan Garuda Indonesia GA-1105 rute Makassar-Madinah yang membawa 450 jemaah haji Kloter 5 Embarkasi Makassar putar balik ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (UPG) pada Rabu (15/5) sore ini. 

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan keputusan Return to Base (RTB) diambil Pilot in Command (PIC) sebagai langkah prioritas untuk memastikan keselamatan penerbangan setelah terdeteksi adanya percikan api pada salah satu mesin pesawat.

Pesawat tersebut, diharuskan menjalani prosedur pengecekan secara menyeluruh. Ini dilakukan untuk memastikan kesiapan armada dapat kembali beroperasi.

Baca juga : Stasiun Senin Bangun Eskalator, Penumpang 17 KA Ini Bisa Berangkat Dari Jatinegara

"Perlu kami sampaikan bahwa penerbangan tersebut telah mendarat dengan selamat di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar pada pukul 17.15 LT," ujar Irfan dalam keterangannya, Rabu (15/5).

Saat ini, seluruh penumpang telah diarahkan kembali menuju asrama untuk menunggu kesiapan pesawat pengganti. 

Belum diketahui secara pasti kapan jemaah haji akan diberangkatkan kembali. Namun, Irfan menegaskan bahwa para jemaah haji akan kembali diberangkatkan secepatnya tergantung pada kesiapan pesawat pengganti.

Baca juga : Tiga Bandara Injourney Airports Layani Calon Jemaah Haji melalui Makkah Route

"Proses pendampingan jemaah menuju asrama turut melibatkan stakeholder kebandarudaraan terkait guna memastikan aspek keselamatan dan kenyamanan para penumpang terjaga dengan baik," tuturnya.

Untuk diketahui, pesawat GA-1105 yang dioperasikan dengan armada B747-400 ini lepas landas dari Bandara Sultan Hasanuddin pada pukul 15.30 WITA dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdulaziz, Madinah pada pukul 21.10 LT. 

Penerbangan ini mengangkut sedikitnya 450 penumpang, yang merupakan rombongan calon jamaah haji asal embarkasi Makassar, serta 18 awak pesawat.

Baca juga : Lantunan Salawat Badar Sambut Kedatangan Jemaah Haji di Madinah

"Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi kepada seluruh Jemaah Haji pada penerbangan tersebut dan juga Kementerian Agama RI selaku penyelenggara haji," imbuhnya.

Irfan menyampaikan bahwa Garuda Indonesia tengah melakukan koordinasi intensif dengan pihak-pihak terkait guna memastikan tindak lanjut penanganan jamaah untuk dapat kembali melanjutkan perjalanan. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.