Dark/Light Mode

Kesiapan Bandara AP II Jelang Keberangkatan Jemaah Haji Minggu Dini Hari Ini

Minggu, 12 Mei 2024 00:13 WIB
Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Ist
Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara-bandara PT Angkasa Pura II (AP II) bersiap melayani keberangkatan calon jemaah haji ke Tanah Suci mulai 12 Mei 2024. Bagaimana kesiapannya?

Penerbangan perdana akan diberangkatkan dari Bandara Soekarno-Hatta pada dini hari pukul 01.00 WIB untuk Kloter Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG 01). Disusul Kloter Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG 02)/ Embarkasi Jakarta Bekasi (JKS 02) pada pukul 04.25 WIB.

Pgs. SVP of Corporate Secretary AP II, Cin Asmoro memastikan kesiapan keberangkatan haji sudah dilakukan jauh hari bersama seluruh stakeholder.  Ia berharap seluruh keberangkatan penerbangan haji di bandara-bandara AP II, yang dimulai pada dini hari nanti, berjalan dengan lancar. 

Baca juga : Cuaca di Saudi Sangat Panas, Jemaah Haji Disarankan Pakai Sunscreen

Ia menyebutkan, keberangkatan perdana jemaah haji yang dilakukan dini hari nanti di Bandara Soekarno-Hatta adalah jemaah haji Kloter Embarkasi JKG 01 dan JKG 02/ JK2 02. 

"Penerbangan dini hari nanti ini sekaligus menandakan dimulainya periode keberangkatan penerbangan haji 12 Mei - 10 Juni 2024 di bandara-bandara AP II," kata Pgs. SVP of Corporate Secretary AP II, Cin Asmoro dalam keterangannya, Sabtu (11/5).

AP II selaku operator bandara telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder terkait untuk memastikan kelancaran penerbangan haji. Berbagai persiapan telah dilakukan, termasuk menyediakan 12 konter fast track keimigrasian Arab Saudi (Makkah Route) di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga : Petugas Haji Bersiap Sambut Kedatangan Jemaah Haji di Madinah

Di Bandara Soekarno-Hatta, berbagai fasilitas telah disiapkan untuk kenyamanan jemaah haji, seperti penambahan kursi ruang tunggu, mushola, dan toilet portabel. Bandara juga mengerahkan 3.296 personel untuk melayani operasional keberangkatan dan kepulangan jemaah haji.

Total, Bandara Soekarno-Hatta akan memberangkatkan 53.621 jemaah haji dari wilayah DKI Jakarta, Banten, Lampung, dan Jawa Barat. Selain Bandara Soekarno-Hatta, bandara AP II lainnya yang melayani penerbangan haji adalah Bandara Minangkabau (Padang), Sultan Iskandar Muda (Aceh), Kualanamu (Deli Serdang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), dan Kertajati (Majalengka).

"Seluruh fasilitas operasional dan pelayanan bandara dipastikan siap untuk mendukung keberangkatan calon jemaah haji ke tanah suci. Koordinasi erat terus dilakukan dengan seluruh stakeholder," ujar Cin Asmoro.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.