Dark/Light Mode

Lantunan Salawat Badar Sambut Kedatangan Jemaah Haji di Madinah

Minggu, 12 Mei 2024 21:05 WIB
Penyambutan jemaah haji di Hotel Abraj Taba, Madinah, Minggu (12/5/2024). (Foto: Dok. Kemenag)
Penyambutan jemaah haji di Hotel Abraj Taba, Madinah, Minggu (12/5/2024). (Foto: Dok. Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada beragam cara dilakukan Arab Saudi menyambut kedatangan jemaah haji Indonesia. Selain memberikan sekuntum bunga mawar, penyambutan juga dilakukan dengan iringan lantunan Salawat Badar.

Suasana ini nampak dalam penyambutan kloter pertama jemaah dari Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG-01), di lobi Hotel Abraj Taba, yang berada di Wilayah Syamaliyah (bagian utara Masjid Nabawi). Jemaah tiba di hotel sekitar pukul 09.00 waktu Arab Saudi, Minggu (12/5/2024).

Baca juga : Bey Machmudin Lepas Keberangkatan Jemaah Haji dari Bandara Kertajati

Lantunan salawat thala'al badru menambah haru suasana penyambutan jemaah. Hadir menyambut Dubes RI di Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad, Konjen RI Yusron Bahauddin Ambary, Kepala Daker Madinah Ali Machzumi, Kepala Daker Makkah Khalilurrahman, pihak Masyarik, dan Tim Pengawas Haji.

"393 jemaah telah tiba di Madinah dan sudah tiba di Hotel Abraj Taba di Wilayah Syamaliyah yakni Utara Masjid Nabawi,” ungkap Kepala Daker Madinah Ali Machzumi.

Baca juga : Menag Lepas Keberangkatan Kloter Pertama Jemaah Haji, Ini Pesannya

“Jemaah terlihat senang dengan sambutan yang diberikan, termasuk saat diberikan souvenir, makanan dan minuman ringan yang kemudian dilanjut dengan makan siang,” sambungnya.

Sebelumnya, ketika sampai di halaman hotel, jemaah menerima arahan dari pembimbing ibadah Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, sebelum turun dari bus. Petugas mengingatkan kembali ibadah dan doa-doa yang baik dilakukan saat berada di Madinah. Tim Kesehatan juga memberikan arahan untuk antisipasi menghadapi kondisi panas selama di Madinah.

Baca juga : Kesiapan Bandara AP II Jelang Keberangkatan Jemaah Haji Minggu Dini Hari Ini

"Jemaah jangan lupa minum dan makan. Semoga semuanya diberi kesehatan dan bisa menunaikan ibadah dengan baik," pesan Dr. Evi dari Tim Kesehatan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.