Dark/Light Mode

Jelang HUT OPM

Kapolda Minta Warga Papua Tak Terpancing Hoaks

Senin, 11 November 2019 22:38 WIB
Kapolda Papua, Irjen. Pol Paulus Waterpauw
Kapolda Papua, Irjen. Pol Paulus Waterpauw

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) Kapolda Papua, Irjen. Pol Paulus Waterpauw menegaskan situasi dan kondisi di wilayah hukum Polda Papua aman dan terkendali. Untuk menjaga suasana tetap kondusif dia minta warga tidak terpancing hoaks. 

“Saat ini situasi aman dan terkendali,” ungkap Kapolda Papua seperti dikutip tribratasnews.polri.go.id, Senin (11/11). 
 
Kapolda Papua juga mengimbau seluruh masyarakat untuk bersama -sama menjaga Kamtibmas dan tidak terpancing terhadap isu hoaks yang sengaja dikeluarkan untuk mengganggu kamtibmas khususnya di Papua.

Baca juga : Paloh Tak Berani Melawan Jokowi

“Saya berharap agar masyarakat tidak mudah terpancing dengan isu yang sengaja dilontarkan untuk mengganggu kamtibmas,” ungkap Kapolda Papua.
 
Meski begitu, Jenderal Paulus tetap akan mendahulukan langkah antisipasi atau pre-emptive. "Kekuatan pasukan tetap kami siapkan. Tapi utamakan langkah antisipasi dengan membangun komunikasi dengan semua pihak," kata Paulus. 

Paulus mengatakan ada dua kelompok yang diantisipasi Polri menjelang HUT OPM ini adalah kelompok separatis politik dan kelompok bersenjata. Ia mengatakan, penanganan terhadap dua kelompok ini pun berbeda. 
Kepada kelompok separatis politik, Paulus memilih pendekatan dialog. "Ya dialog saja, apa mau mereka. Selain itu, kami juga lawan berita-berita bohong atau hoaks yang mereka sebarkan," ucap dia.

Baca juga : Malam Hari Warga Rusia Main Gamelan di Museum Moskow

Sedangkan terhadap kelompok bersenjata OPM, Paulus memantau dan menempatkan sejumlah anggotanya di sejumlah titik yang telah dipetakan. "Misalnya mereka sekarang mengarah dari beberapa wilayah, apakah ke Freeport, atau mana, kami pantau." [KRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.