Dark/Light Mode

Ibu Banteng Kritik Kenaikan UKT: Kenapa Nggak Ada Hitungannya?

Jumat, 24 Mei 2024 21:09 WIB
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Foto: Ahmad Ali Futhuhin/RM
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Foto: Ahmad Ali Futhuhin/RM

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, mengkritik kebijakan pemerintah menaikkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). 

Kritik itu disampaikan ibu Banteng dalam pidatonya di Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PDI-P di Ancol, Jakarta, Jumat (24/5). Mega mengaku heran dengan kenaikan biaya pendidikan tersebut.

Baca juga : FWD Insurance Kenalkan Omne untuk Gaya Hidup yang lebih baik

"Urusan pendidikan sekarang, saya saja lihat korannya saja pusing," sentil Mega. 

Ia mempertanyakan langkah pemerintah yang menaikkan biaya pendidikan tanpa perhitungan yang jelas. Menurutnya, pemerintah seharusnya memberikan pendidikan gratis, terutama bagi masyarakat yang kurang mampu.

Baca juga : Kampus Kok Berbisnis Sama Mahasiswanya

"Negara itu harus membiayai, kenapa sih kok kayak enggak ada, semua dimahalkan, anak-anak kita yang akan menggantikan kita, terjadi regenerasi," imbuhnya.

Setelah dikritik banyak pihak, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) berencana akan mengevaluasi kenaikan UKT tersebut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.