Dark/Light Mode

Haedar: Idul Adha Momen Berlomba-lomba Jadi Insan Mulia

Senin, 17 Juni 2024 13:44 WIB
Haedar Nashir. (Foto: Ist)
Haedar Nashir. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir mengingatkan umat muslim agar menjadikan momen Idul Adha tahun ini sebagai titik balik untuk lebih berlomba-lomba lagi dalam mencari amal shaleh agar menjadi insan mulia. 

Pasalnya, sebut dia, sebanyak apapun harta, kekuasaan, dan segala kekayasn di dunia, akan sungguh kehilangan makna dan faedah manakala ditumpuk tanpa dijadikan amal shaleh.

Baca juga : Eric Hermawan: Idul Adha Momen Partai Golkar Berbagi Untuk Masyarakat

“Ketika menghadap Allah di Hari Akhirat, apa yang hendak disetorkan dan menjadikan modal kita masuk surga,” sebut Haedar dalam keterangannya, Senin (17/6/2024).

Karenanya, dia meminta, setiap muslim agar menjadi hamba-hamba kekasih Allah SWT yang rela berkorban untuk kebaikan hidup orang banyak. Dengan cara ini diharapkan hidup ini akan bermakna utama. 

Baca juga : Prabowo Shalat Idul Adha di Hambalang, Serahkan 48 Ekor Sapi Kurban

“Dasar dan pusat seluruh ibadah itu ialah pengabdian total kepada Allah yang berbasis tauhid. Agar manusia hidup tidak sekadar hidup sebagaimana habitat hewan dan tumbuhan. Namun hidup yang memiliki fondasi dan orientasi nilai yang luhur dan bermakna,” ujarnya.

Haedar menyebut, hidup hewan dan tumbuhan meski sama-sama berfaedah, mereka hanya mengikuti sunatullah lahir dan mati. Sedangkan manusia diberi tugas khusus yang bermakna sekaligus berfaedah yakni beribadah (QS Adz-Dzariyat: 56) dan menjalankan kekhalifahan di muka bumi (QS Al-Baqarah: 30; Hud: 60).

Baca juga : Hari Raya Idul Adha Dan Cuti Bersama, BNI Hadirkan Layanan Terbatas

Momentum Idul Adha dalam ritual penyembelihan hewan kurban, lanjut dia, sejatinya merupakan proses dekonstruksi ruhaniah secara total agar setiap muslim keluar dari belenggu hasrat-hasrat primitif menuju martabat insan mulia.

“Mari kita terus bermunajat kepada Allah agar pasca Idul Adha segenap Muslim makin menjadi insan yang shaleh, yang mau berkorban dalam menunaikan kebajikan dan ketaqwaan. Seraya dengan itu insan beriman harus berani menjauhi yang buruk dan munkar agar kehidupan dilimpahi berkah Allah,” ujarnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.