Dark/Light Mode

Amanah Takaful dan Kemenag Pandeglang Siap Majukan Majelis Taklim

Selasa, 28 Mei 2024 06:03 WIB
Pertemuan Amanah Takaful dengan Kemenag Pandeglang. (Foto: Istimewa)
Pertemuan Amanah Takaful dengan Kemenag Pandeglang. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Amanah Takaful mengadakan audiensi dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pandeglang untuk membahas program pemberdayaan Majelis Taklim. Pertemuan yang berlangsung di Kantor Kemenag Kabupaten Pandeglang ini dihadiri Direktur Amanah Takaful Ade Abdurachman, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Kabupaten Pandeglang Maman Mansyur, dan Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Majelis Taklim Kabupaten Pandeglang Een Masdariah.

Dalam pertemuan tersebut, Ade Abdurachman memaparkan aksi-aksi Amanah Takaful di Kabupaten Pandeglang, khususnya program Majelis Taklim (MT) Bertaawun. Program ini diinisiasi sebagai upaya pemberdayaan Majelis Taklim, sejalan dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 29 tahun 2019. “Program MT Bertaawun diharapkan dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kapasitas dan peran aktif Majelis Taklim dalam masyarakat. Ada empat pilar program MT Bertaawun yaitu MT Berkhidmat, MT Peduli Berbagi, MT Berdaya dan MT Bermartabat," ujar Ade, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (28/5).

Maman Mansyur menyambut baik inisiatif tersebut. Dia menyatakan, program MT Bertaawun sejalan dengan upaya Kantor Kemenag Kabupaten Pandeglang yang baru-baru ini meluncurkan digitalisasi pendaftaran legalitas Majelis Taklim secara online.

Baca juga : Gazalba Saleh Bebas Di Putusan Sela, Ini Pertimbangan Hukum Majelis Hakim

“Salah satu item MT Bermartabat ada yang berkesesuaian dengan program yang sedang kami galakkan, yaitu membantu registrasi perizinan Majelis Taklim. Hingga saat ini, tercatat ada sekitar 1.000 Majelis Taklim di Pandeglang, namun baru sekitar 220 yang terdata secara resmi. Program digitalisasi ini bertujuan untuk memperbaiki pendataan dan administrasi Majelis Taklim,” jelasnya.

Een Masdariah juga memberikan tanggapan positif terhadap program MT Bertaawun. Menurutnya, program ini sarat dengan muatan edukatif yang sangat bermanfaat bagi para pengurus Majelis Taklim.

Ia juga menyoroti salah satu program yang ditawarkan, yaitu pelatihan pengurusan jenazah, yang menjadi bagian dari Pilar MT Berkhidmat. “Pelatihan ini sangat penting karena dapat mengatasi minimnya regenerasi tenaga amil pengurusan jenazah di masyarakat,” ujarnya.

Baca juga : Angela Tanoesoedibjo: Partai Perindo Siap Menangkan Khofifah-Emil Di Jatim

Program MT Bertaawun ini merupakan inisiatif yang berfokus pada pengembangan dan pemberdayaan Majelis Taklim. Program ini mencakup pelatihan manajemen organisasi, pendidikan keagamaan, dan keterampilan praktis seperti pengurusan jenazah. 

Selain itu, MT Bertaawun juga berupaya meningkatkan kapasitas pengurus Majelis Taklim dalam mengelola keuangan dan administrasi, serta memanfaatkan teknologi digital untuk kemudahan operasional dan pendataan yang kemanfaatannya dapat dirasakan langsung oleh jemaah.

Audiensi ini menandai langkah awal kolaborasi antara Amanah Takaful dan Kantor Kemenag Kabupaten Pandeglang dalam memberdayakan Majelis Taklim dan memperkuat peran mereka dalam komunitas. Dengan sinergi ini, diharapkan Majelis Taklim dapat lebih berdaya guna, tidak hanya dalam aspek keagamaan, tetapi juga dalam pembangunan sosial masyarakat yang lebih luas.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.