Dark/Light Mode

Rayakan Idul Adha, Peradi Otto Hasibuan Bagikan Daging Kurban Kepada Warga

Senin, 17 Juni 2024 22:11 WIB
DPN Peradi Otto Hasibuan membagikan daging kurban kepada warga di sekitar Kantor DPN Peradi, Matraman, Jakarta Timur. (Foto: Ist)
DPN Peradi Otto Hasibuan membagikan daging kurban kepada warga di sekitar Kantor DPN Peradi, Matraman, Jakarta Timur. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) di bawah Ketua Umum (Ketum) Prof. Otto Hasibuan menyumbangkan satu ekor sapi di hari raya Idul Adha. Usai solat Ied, hewan kurban tersebut dipotong dan dagingnya dibagikan kepada ‎warga di sekitar Kantor DPN Peradi, Kelurahan Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur (Jaktim).

‎“Kita memotong kurban seekor sapi yang saya kira jumlahnya cukup kalau dibagikan kepada warga setempat atau sekitar,” kata R. Dwiyanto Prihartono, Ketua Harian DPN Peradi di Peradi Tower, Jaktim, Senin, (17/6/2024).

Advokat yang karib disapa Dwi ini menjelaskan, supaya pembagian tertib pihaknya terlebih dahulu memberikan 400 kupon kepada warga sekitar yang berhak menerima daging kurban.

Selain dibagikan kepada warga, daging juga diberikan kepada pedagang kecil yang ada di sekitar Peradi Tower. “Pokoknya yang di sekitar gedung kita ini, depan belakang, kiri-kanan, semuanya secara merata kita bagi dagingnya,” ungkapnya.

Menurut Dwi, penyembelihan hewan kurban dan membagikan dagingnya kepada warga sekitar yang berhak merupakan wujud dari menjalankan syariat agama Islam.

Baca juga : Idul Adha, KLHK Bagikan 1000 Paket Daging Kurban Dan Sembako Kepada Masyarakat

“Kami turut melakukan peringatan hari raya ini ‎bersamaan dengan proses haji yang ada di Makkah sana dan itu bagian yang merupakan‎ tidak terpisahkan dari bagian kita menjalankan agama,” ujarnya.

Ajaran syariat agama ini juga mengajarkan untuk berbagi dan peduli terhadap warga atau masyarakat sekitar. ‎Selain itu, ini sebagai bentuk komunikasi dan silaturahmi dengan warga untuk menjalin hubungan yang lebih baik lagi.

“Manfaatnya kepada sosial juga penting dan tinggi, itu bagian yang tidak terpisahkan. Itu tujuan kita,” katanya.

Lebih lanjut Dwi menyampaikan, kegiatan ini rutin dilakukan setiap Idul Adha oleh seluruh pengurus DPN Peradi di bawah Ketum Prof. Otto Hasibuan. “Enggak ada tahun yang lolos kita melaksanakan kurban. Ketua panitianya Pak Zul Armain Aziz di ini dan tahun kemarin,” katanya.

‎Hanya saja, lanjut Dwi, pada kurban Hari Raya Iduladha 1445 H/2024 M ini, Ketum Prof. Otto Hasibuan berhalangan hadir karena tengah ada urusan di luar negeri yang tidak bisa ditinggalkan. “Kami semua mewakilinya sebagai satu kegiatan tahunan yang selalu kita adakan,” ujarnya.

Baca juga : PNM Optimalkan Penyaluran Hewan Kurban Di Daerah Tertinggal

Ketua Panitia Kurban 1445 H/2024 M DPN Peradi, Zul Armain Aziz, menyampaikan, kegiatan ini sebagai bentuk berbagi kebahagian dengan warga sekitar. 

Lebih lanjut dia menjelaskan, pemotongan hewan kurban tak hanya dilakukan di DPN Peradi pusat, tapi juga dilakukan DPC Peradi di berbagai daerah di Indonesia.

“Di antaranya Lampung, Yogyakarta, Bandung, dan semua mengadakan. Cuma mereka ada yang sapi ada yang kambing,” ujarnya.

Tak lupa, Zul menyampaikan terima kasih kepada Ketum Prof. Otto Hasibuan yang kembali menugaskannya untuk menyelenggarakan pemotongan hewan kurban. 

Selain itu, kepada seluruh panitia dan jajaran pengurus DPN Peradi yang hadir dalam acara ini di Peradi Tower, di antaranya Waketum Sutrisno, Sapriyanto Refa, dan Happy SP Sihombing. 

Baca juga : Idul Adha, Surveyor Indonesia Bagikan Hewan Kurban Untuk Dhuafa 

Selanjutnya, Sekjen Hermansyah Dulaemi, ‎Wasekjen Bhismoko W. Nugroho dan Viator Harlen Sinaga, Ketua Bidang Publikasi, Hubungan Masyarakat, dan Protokoler R. Riri Purbasari Dewi, dan Wabendum Rielen Pattiasina, Wakabid PKPA Wiwik Handayani, Kabid Kerjasama Antar lembaga Hendra Dinata dan wakabidnya Hidayat Bostam, Sekbid PKPA Alemina Tarigan dan Sekbid PHP Euis Mulyati Sukarya.

“Bahwa yang hadir dalam acara ini semua teman-teman pengurus DPN, mereka berbagi kebahagian untuk memberikan sumbangan kurban kepada tetangga-tetangga kita,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.