Dark/Light Mode

Kepadatan Jemaah Haji Di Mina, Wapres Harap Ada Pembenahan Infrastruktur

Selasa, 25 Juni 2024 06:59 WIB
Wapres, Maruf Amin
Wapres, Maruf Amin

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembenahan infrastruktur dan sarana prasarana haji harus terus dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan jemaaah haji di masa mendatang.

Hal itu disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin menanggapi hasil sidak Tim Pengawas (Timwas) Haji DPR yang melaporkan bahwa jemaah haji Indonesia tahun ini masih mengalami tinggal di tenda-tenda yang penuh sesak di Mina. Sehingga, di tengah cuaca panas ekstrem, sebagian jemaah harus tidur dalam keadaan duduk atau bahkan terpaksa beristirahat di luar tenda.

Wapres dalam sambutannya, menyampaikan, bahwa wilayah Mina memang terbatas dan luasnya tetap. Sehingga, apabila kuota jemaah haji Indonesia bertambah, tentu mengakibatkan space per jemaah menjadi semakin sempit.

Baca juga : SIM Keliling Bekasi Senin 24 Juni Hadir Di Mitra 10 Harapan Indah

Oleh sebab itu, pembenahan infrastruktur dan sarana prasarananya harus terus dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan ini di masa mendatang.

“Artinya, ketika kita memperoleh kuota tambahan, itu harus diantisipasi. Ke depan harus diantisipasi dan disiapkan. Jangan tendanya seperti itu padahal jemaahnya bertambah,” kata Wapres di acara Peringatan Hari Penyiaran Nasional Ke-91 dan Pembukaan Rakornas Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) 2024, di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Jl. BSD Grand Boulevard Nomor 1, Pagedangan, Tangerang, Banten, Senin (24/6).

Mengenai upaya perbaikan tersebut, lanjut Wapres, harus dikomunikasikan secara intensif dengan pemerintah Arab Saudi. Sebab, tata kelola Mina sepenuhnya menjadi kewenangan dan tanggung jawab pihak Arab Saudi.

Baca juga : PPIH Ingatkan Jemaah Haji Telah Tawaf Wada Sebelum Pulang ke Tanah Air

“Memang harus ada upaya-upaya dari Pemerintah Arab Saudi sendiri untuk membuat supaya Mina ini bisa menampung jemaah yang banyak,” ujarnya.

Terlebih, tutur Wapres, kuota jemaah haji akan terus ditambah setiap tahun, sehingga masalah kepadatan tenda di Mina benar-benar harus menjadi perhatian serius Pemerintah Arab Saudi.

"Saya dengar akan dibangun gedung-gedung bertingkat di Mina sehingga bisa menampung jumlah jemaah yang lebih banyak,” ungkapnya.

Baca juga : Fase Kepulangan, Jemaah Haji Diimbau Patuhi Larangan Bagasi dan Kabin Pesawat

Wapres juga meminta kepada Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia agar terus berusaha mendapatkan space pemondokan yang lebih luas seiring dengan terus bertambahnya kuota jemaah haji Indonesia.

“Pemerintah dan penyelenggara haji harus juga menyiapkan penambahan jumlah tenda sehingga tidak terjadi lagi apa yang terjadi kemarin di Mina,” tegasnya lagi.

Mendampingi Wapres saat memberikan keterangan pers kali ini, Pj. Gubernur Banten Al Muktabar, Ketua KPI Pusat Ubaidillah, serta Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.