Dark/Light Mode

Kunjungi Kamboja, Presiden ATUC Minta Perkuat Perlindungan Tenaga Kerja ASEAN

Kamis, 27 Juni 2024 22:39 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Asean Trade Union Council (ATUC) Andi Gani Nena Wea melanjutkan kunjungan kerjanya ke negara-negara anggota buruh ASEAN.

Setelah Thailand, Andi Gani kini bertemu dengan pimpinan-pimpinan konfederasi buruh di Poipet, Kamboja.

Pimpinan-pimpinan konfederasi buruh Kamboja yang hadir, yaitu President Cambodia Labour Confederation (CLC) At Thorn, Project Coordinator CLC Chea Sopheak, dan Pimpinan The Cambodia Confederation of Unions (CCU) Chea Seng Hong.

Juga, Pimpinan Cambodia Confederation of Trade Unions Chhin Sony, Heng Chenda dari Gender Committe, dan Pheng Sunday dari Women Committee.

Baca juga : Istana Dikepung Tentara, Presiden Bolivia Luis Arce Minta Negara Lawan Kudeta

Kedatangan Andi Gani disambut  baik seluruh pimpinan-pimpinan konfederasi buruh Kamboja.

Dalam pertemuan, Andi Gani meminta konfederasi buruh Kamboja bisa melindungi hak-hak tenaga kerja asing di wilayahnya terutama yang berasal dari negara-negara ASEAN dan negara lainnya.

"Penguatan kerja sama perlindungan terhadap tenaga kerja di ASEAN ini penting dilakukan. Karena, jaminan keamanan, pemberian perlindungan harus menjadi yang utama bagi buruh-buruh di seluruh kawasan Asia Tenggara ini," kata Andi Gani saat dihubungi, di Kamboja, Kamis (27/6/2024).

Apalagi, kata Andi Gani, saat ini perekonomian di Kamboja meningkat sangat cepat. Terlihat dari pembangunan industri sangat masif yang dilakukan Pemerintah Kamboja.

Baca juga : RI-AS Perkuat Kerja Sama Ambisi Iklim

Di antaranya pembangunan industri besar tekstil, plywood, kertas, pertambangan, dan pertanian.

Menurut Andi Gani, dengan bertambahnya sektor industri yang berkembang, sudah pasti kebutuhan terhadap tenaga kerja ikut meningkat.

Untuk itu, kerja sama Indonesia-Kamboja di bidang ketenagakerjaan sangat mutlak diperlukan.

"Indonesia dan Kamboja adalah dua negara yang merupakan mitra dalam memajukan kesejahteraan para buruh," jelas Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) tersebut.

Baca juga : Presiden Tak Pernah Intervensi KPK

Sementara President CLC At Thorn memuji kepemimpinan Andi Gani sebagai Presiden ATUC, karena sangat komunikatif dan mendukung program kerja di setiap negara-negara anggota ATUC.

Andi Gani juga menyempatkan untuk meninjau industri pariwisata Kamboja di Kota Siem Reap. Ada obyek wisata tujuan utama dunia yaitu, Angkor Wat.

Adapun, dalam kunjungan kerjanya, Andi Gani didampingi Sekretaris Jenderal KSPSI Hermanto Ahmad dan Wakil Presiden KSPSI Idris Palar.

Selanjutnya, Andi Gani akan segera melanjutkan kunjungan kerjanya ke Laos dan Vietnam.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.