Dark/Light Mode

Waspada, Bibit Siklon Tropis Terdeteksi di Wilayah Selatan Indonesia

Senin, 6 Januari 2020 10:49 WIB
Foto: Humas BNPB
Foto: Humas BNPB

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mendeteksi munculnya dua bibit siklon tropis yaitu “91S” di Samudera Hindia sebelah selatan Nusa Tenggara Timur, dan “92S” di Laut Arafuru sebelah selatan Tual.

Posisi kedua bibit siklon tropis ini berada dekat dengan wilayah Indonesia, dan memberikan dampak terhadap kondisi cuaca maupun gelombang laut.

Bibit siklon tropis “91S” di Samudera Hindia lebih berpotensi meningkat menjadi siklon tropis, dibandingkan “92S” di Laut Arafura.

Baca juga : PLN Padamkan Listrik Di 724 Wilayah Jakarta Yang Banjir

"Bibit siklon tropis ini memberikan dampak munculnya hujan intensitas sedang hingga lebat dan angin kencang, khususnya di wilayah Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur," demikian bunyi pernyataan resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui akun Facebook-nya, Senin (6/1).

Kondisi perairan pun terdampak akibat bibit siklon tropis ini. Gelombang laut setinggi 2.5 – 4.0 meter berpotensi muncul di Perairan Selatan Jawa Tengah hingga Selatan NTB, Samudera Hindia Selatan P.Jawa hingga Selatan NTB, Perairan Selatan P.Sumba, Laut Sawu, Perairan P.Sabu dan P.Rote, Perairan Utara NTT, Laut Flores, Perairan Kep.Kai - Aru.

Bibit siklon tropis “91S” dalam satu hingga dua hari kedepan (6-8 Januari 2020), berpotensi tinggi menjadi siklon tropis. Namun bibit siklon tropis itu ergerak selatan hingga barat daya, semakin menjauhi wilayah Indonesia.

Baca juga : Sah, Shin Tae-yong Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Sebagai informasi, musim siklon tropis di wilayah sebelah selatan Indonesia biasanya terjadi pada bulan November – April. Bersamaan dengan periode musim hujan di Indonesia. Sehingga, keberadaanya dapat meningkatkan intensitas curah hujan dan kecepatan angin.

Informasi bibit siklon tropis ini sekaligus melengkapi informasi pada peringatan dini cuaca yang masih berlaku.

Dengan informasi prakiraan cuaca dan peringatan dini dari BMKG tersebut, BNPB mengimbau masyarakat di wilayah yang diperkirakan dilalui dua bibit siklon tersebut, agar lebih meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam menghadapi potensi ancaman bencana, yang dipicu faktor cuaca.

Baca juga : Besok, PSSI Umumkan Shin Tae-yong Jadi Pelatih Timnas Senior Indonesia

Pastikan informasi terbaru dan akurat dari BNPB, BMKG dan instansi terkait, demi mengantisipasi berita bohong atau hoaks yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.