Dark/Light Mode

Diteriaki Presiden 2024, Dengan Suara Lirih, Anies Balas Amin

Sabtu, 22 Februari 2020 07:16 WIB
Gubernur dkI jakarta, Anies baswedan selfie bersama warga Cempaka Putih Timur, jakarta Pusat, kemarin. (Foto: Instagram Anies Baswedan)
Gubernur dkI jakarta, Anies baswedan selfie bersama warga Cempaka Putih Timur, jakarta Pusat, kemarin. (Foto: Instagram Anies Baswedan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anies Baswedan bereaksi berbeda saat warga Jakarta bicara capres. Jika sebelumnya dia hanya diam ketika dipanggil presiden 2024, Gubernur DKI Jakarta itu mulai berani membalasnya dengan kata ‘amin’.

Anies diteriaki Presiden 2024 oleh seorang warga saat berkunjung ke ka­wasan Cempaka putih, kemarin. ke­hadirannya di RW 03 Kelurahan Cem­paka Putih itu, untuk menghadiri Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Teriakan dilontarkan di akhir kun­jungan. Ini bermula ketika Anies yang didampingi istrinya, Fery Farhati diminta foto bersama. Tepat di depan rumah tempat Anies berfoto, seorang warga meneriaki Anies. “Calon pre­siden pak!” teriaknya. mendengarnya, Anies hanya diam. Yang mengamini,

Baca juga : Jadi Sekjen PMI, Sudirman Said Anggap sebagai Ladang Amal

para warga. “amin,” seru mereka. Suasana jadi riuh. Di tengah ke­riuhan, Anies tampak mengobrol dengan seorang warga. Tidak begitu jelas apa yang dibicarakan. Yang jelas terdengar cuma selorohan war­ga yang kembali menyebut anies sebagai capres 2024. “Pak, calon presiden pak,” tutur warga yang kem­bali dijawab teriakan “Amin” yang panjang dari warga.

Tapi kali ini, Anies juga ikut me­ngamini. Namun dengan suara lirih. “Amin, amin,” balas Anies dengan suara seperti setengah berbisik. Se­mentara warga itu terus mengelu­elukan eks Mendikbud itu. “2024 Pak Presiden,” teriaknya, mengiringi masuknya Anies ke dalam mobil.

Ini bukan kali pertama Anies dite­riaki Presiden 2024. Sebelumnya, dia juga pernah mengalami hal serupa saat mengunjungi Kelurahan Makasar, Jakarta Timur, awal Januari lalu.

Baca juga : Menang Mudah, Nadal Lolos Babak Kedua

Anies, yang sedang melakukan kerja bakti bersih­bersih banjir ber­sama warga setempat disebut Guber­nur DKI rasa presiden oleh warga bernama Rodiyah. “Good, good bener. Gubernur DKI rasa presiden. Mantap,” tutur Rodiyah. Mendengarnya, Anies cu­ma senyum­-senyum sambil tetap melakukan kerja bakti.

Anies, juga sempat diteriaki Pre­siden saat acara Reuni Akbar 212 di Silang Monas, Desember tahun lalu. Sebelum menyampaikan sambutan, Anies diteriaki pujian oleh para peserta reuni, “Presiden! Presiden! Presiden!” teriak peserta reuni di bagian depan panggung utama. Pembawa acara, Haikal Hassan, juga sempat memuji Anies.

Dia melemparkan pantun usai Anies berpidato. “Asap dapur pintu terbuka/ Tercium sedap ikan peda//Indonesia akan berjaya/ Kalau Anies Baswedan pimpinannya,” kata Haikal Hadirin menimpali pantun tersebut dengan meneriakkan yel yel, “Presiden! Presiden! Presiden!”.

Baca juga : Industri Pengolahan Jadi Andalan Ekspor Nasional

Disambut begitu, Anies terlihat salah tingkah. Beberapa kali ia me­ngangkat tangan untuk menyetop yel yel itu. Tapi, yel­ yel tak kunjung berhenti. Anies menunggu beberapa saat sampai pujian itu berhenti.

Bukan cuma teriakan. Anies bah­kan sempat hendak dideklarasikan oleh Gerakan Persaudaraan Muslim Indonesia (GPMI) sebagai Capres 2024. Tapi katanya, Anies belum mau. “Pak Anies belum mau, karena urus Jakarta Raya. Dan saya dengar langsung ketika bertemu gubernur,” kata Ketua GPMI DKI Jakarta, Sya­ rief Hidayatulloh.

Guru Besar Politik UI Prof Bu­dyatna menilai, ucapan “Amin” dari Anies merupakan tanda, dia mu­lai tak malu­-malu lagi. “Ini sudah menunjukkan Anies sudah tak malu­ malu. “Amin” itu kan menunjukkan keinginan, berharap dikabulkan,” ujar Budyatna. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.