Dark/Light Mode

Gaungkan Berkain Tradisional, KCBI Siap Ramaikan Adiwastra

Selasa, 17 Maret 2020 23:55 WIB
Para anggota Komunitas Cinta Berkain Indonesia (KCBI). (Foto: Merry Apriyani/RM)
Para anggota Komunitas Cinta Berkain Indonesia (KCBI). (Foto: Merry Apriyani/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah pencinta kain membentuk Komunitas Cinta Berkain Indonesia (KCBI). Komunitas ini berdiri atas rasa keprihatinan terhadap kurangnya perhatian dan apresiasi masyarakat terhadap warisan budaya bangsa khususnya budaya berkain tradisional. Kini, komunitas ini hampir tersebar di seluruh Nusantara ini.

Kominitas ini memiliki tujuan utama yakni mengajak seluruh warga Indonesia untuk lebih mencintai dan ikut telibat dalam melestarikan warisan budaya Indonesia. "Misi kami melestarikan budaya seperti kain khusus dari leluhur kita yang cukup manis untuk digunakan sehari-hari," kata Ketua KCBI, Sita Hanimastuty Agustanzil.

Baca juga : Cegah Penyebaran Virus Corona, MK Tunda Sidang Sampai Akhir Maret

Komunitas ini pun terus menggaungkan kain nusantara salah satunya dengan memeriahkan acara Adiwastra Nusantara 2020. Menurut Sita, ajang tahunan itu sebagai wadah untuk dapat memperlihatkan beragam macam kain kepada masyarakat. 

"Jadi kita juga ingin memperlihatkan kepada masyarakat bahwa berkain ini bukan hal yang ekslusif, tapi juga bisa diekslusifkan tergantung bagaimana cara kita menggunakannya. Kain-kain kita ini jangan diekslusifkan membuat orang jadi jauh. Sehingga pengrajin pun bisa mempunyai pasar yang lebih besar tidak hanya untuk kalangan tertentu tapi untuk semua masyarakat," terangnya. 

Baca juga : Panik dan Waspada, Siapkan Payung

Pada penyelenggaraan Adiwastra Nusantara yang akan digelar 25-29 Maret 2020 di Hall A & B, JCC, Senayan, KCBI akan memamerkan kain melalui pagelaran fashion show dengan menampilkan 24 model yang terbagi dari Sabang sampai Merauke. "Kita rencanakan nanti dibagi-bagi (kain) dari Sumatera Utara, Barat Selatan bahkan Jawa. Kita ingin memperlihatkan kebaya panjang bisa digunakan untuk semua kain," tutup Sita. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.