Dark/Light Mode

Masyarakat Kudu Aktif Monitor Tetangga Yang Isolasi Diri Karena Corona

Minggu, 22 Maret 2020 18:01 WIB
Achmad Yurianto
Achmad Yurianto

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah mengimbau supaya masyarakat ikut memantau tetangganya yang melakukan isolasi diri. Dengan cara itu, pencegahan penularan virus corona bisa efektif. 

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan, peran aktif dari komunitas sangat penting dalam pengendalian virus corona. Bila ada tetangga yang sedang melakukan isolasi diri imbas positif corona, ada sejumlah hal yang harus dilakukan.

Baca juga : Ketua Dewan Pers Ingatkan Jurnalis Yang Meliput Lindungi Diri Dari Corona

“Kalau ada tetangga sedang isolasi diri, alangkah baiknya tetangga lain monitor, berikan dukungan, supporting kepada tetangga kita yang sedang isolasi diri. Ini upaya yang bisa kita dilakukan, secara selektif kita bisa melakukan pengawasan untuk cegah penularan COVID-19 ini," kata Yuri saat konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta, Minggu (22/3).

Yuri kembali mengingatkan, bagi warga yang tengah mengisolasi diri karena masa inkubasi atau yang sudah positif corona untuk harus aktif mencegah penularan virus corona.

Baca juga : 10 Pemainnya Positif, Fiorentina Galang Dana Tangkal Corona

“Manakala kita duga diri kita sedang sakit, tinggal di rumah, batasi kontak, tidak memakai alat makan bersama-sama, monitoring kesehatan rutin, konsultasikan terus menerus ke tenaga kesehatan profesional ke 119, maupun melalui unicorn lain hallodoc sehatpedia dan lain-lain," tutur Yuri.

Dengan terus memberikan dukungan kepada mereka yang mengisolasi diri, diharapkan pasien dapat tetap sehat, semangat, dan imun mereka meningkat sehingga dapat dinyatakan sembuh.

Baca juga : MPR Ajak Masyarakat Gotong Royong Hadapi Wabah Virus Corona

“Ini harus dimaknai anggota keluarga lain jadi supporting factor untuk self isolation, komunitas jadi penting untuk bantu," jelasnya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.