Dark/Light Mode

Jokowi: Ibu Sujiatmi Sakit Kanker, Sudah Berobat dan Ikhtiar, Tapi Allah Berkehendak Lain

Rabu, 25 Maret 2020 22:01 WIB
Sudjiatmi Notomiharjo (Foto: Istimewa)
Sudjiatmi Notomiharjo (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi dan keluarga sedang berduka. Sujiatmi Notomiharjo, ibunda Presiden Jokowi, tutup usia. 

Eyang Notomiharjo meninggal dunia di RS TNI AD Slamet Riyadi, Solo pukul 16.45, sore tadi. Mendapat kabar duka ini, Jokowi langsung terbang ke Solo. Ba'da Maghrib Jokowi bersama putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, tiba di RS TNI AD Slamet Riyadi.

Baca juga : Jokowi Perintahkan Pusat dan Daerah Bersinergi Atasi Bencana

Jokowi langsung menuju ruang IGD rumah sakit. Gibran turut menemani. Tak berselang lama, mobil ambulans yang membawa jenazah almarhumah keluar dari rumah sakit untuk dibawa menuju rumah duka di Jalan Pleret Raya Nomor 9 A, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo.

Di rumah duka, sudah banyak pelayat. Antara lain Kapolda Jawa Tengah Irjen Rycko Amelza Dahniel dan Pangdam Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi. Terlihat juga ada tiga menteri yang hadir ke rumah duka. Mereka adalah Mensesneg Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Seskab Pramono Anung. Ketiganya tiba dalam satu mobil.

Baca juga : Dirut PT Palma Satu Cuekin KPK

Di rumah duka, Jokowi, yang ditemani keluarga, memberikan pernyataan. Hadir tiga adik Jokowi di depan jenazah. Gibran juga ada. Sementara, Ibu Iriana, Kaesang Pangarep, dan Kahiyang Ayu belum tampak.

Jokowi mengatakan bahwa ibunya mengidap kanker selama empat tahun terakhir. Selama itu pula, Sujiatmi telah berobat. Namun, kini, Allah berkehendak ibunya berpulang. "Ibu ini sudah empat tahun mengidap sakit yaitu kanker, dan sudah berobat. Sudah berusaha, berikhtiar, utamanya ke RSPAD Gatot Subroto. Tetapi memang Allah sudah menghendaki," ucap Jokowi.

Baca juga : Jokowi dan JK Jadi Saksi Pernikahan Anak Bamsoet

Jokowi pun meminta masyarakat Indonesia mendoakan kepergian ibundanya. "Atas nama keluarga besar, saya ingin memohon doa agar segala dosanya diampuni Allah dan husnul khatimah," kata dia. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.