Dark/Light Mode

Bantu Warga Terdampak Covid-19, UHAMKA Kucurkan Rp 1 M dan Sebar Relawan di 200 Komunitas

Rabu, 22 April 2020 17:23 WIB
Ari Widayanti  (kiri) menyerahkan donasi dari UHAMKA kepada Ketua RW 09 Jatiasih. (Foto: Dok. UHAMKA)
Ari Widayanti (kiri) menyerahkan donasi dari UHAMKA kepada Ketua RW 09 Jatiasih. (Foto: Dok. UHAMKA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Akibat wabah Covid-19, banyak masyarakat kehilangan pekerjaan. Berdasarkan data Kementerian Ketenagakerjaan, 100 ribu lebih perusahaan telah terdampak dan harus mem-PHK dan merumahkan hampir 2 juta pekerja. 

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA) ikut prihatin dengan hal ini. UHAMKA pun bergerak dengan berdayakan 200 komunitas dengan dana hingga Rp 1 miliar untuk membantu masyarakat yang terdampak ekonomi dan kesehatan karena Covid-19. 

Baca juga : Bantu Atasi Dampak Covid-19, Pertamina Distribusikan 1.800 Paket Sembako untuk Lansia

Rektor UHAMKA, Prof Gunawan Suryoputro, mengatakan, pihaknya ingin memastikan bahwa masyarakat yang terdampak Covid-19 ini mendapatkan bantuan sesuai dengan kebutuhan mereka. “Dosen, karyawan dan mahasiswa kami menyebar di 200 komunitas se-Jabodetabek,” ujarnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (22/4).

Saat ini, lanjutnya, lebih kurang 10 ribu KK dan 200 tempat sudah menerima bantuan UHAMKA. Ke-200 volunteer UHAMKA tidak hanya mendistribusikan bantuan, tetapi juga menggerakkan komunitas untuk membangun kemandiriannya menghadapi wabah Covid-19. “Bahkan teman-teman kita ini juga mengorganisir aktivitas-aktivitas fundraising sehingga bisa membantu yang terdampak lebih banyak dan lebih bermanfaat lagi,” ujar Gunawan.

Baca juga : Kosgoro 1957 Serahkan 40 Ton Beras & Ribuan APD

Bantuan yang diberikan bukan hanya dalam bentuk sembako, Alat Pelindung Diri (APD) atau uang tunai saja. UHAMKA juga memberikan konsultasi psikologi dan kesehatan serta pajak dan ekonomi bagi masyarakat yang membutuhkan. 

Gunawan menambahkan, kegiatan tanggap Covid-19 UHAMKA ini dilakukan secara berkelanjutan. Bantuan akan terus diberikan dengan menggerakkan komunitas-komunitas yang sudah terbentuk dan bersinergi dengan perangkat desa dan tokoh-tokoh setempat. Sehingga nantinya setiap masyarakat yang membutuhkan akan terdata di satu tempat dan menjadi pantauan khusus tim tanggap Covid-19 UHAMKA. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.