Dewan Pers

Dark/Light Mode

Romo Benny: Ramadhan, Ajang Aktualisasikan Nilai-nilai Pancasila

Jumat, 24 April 2020 17:38 WIB
Romo Benny Susetyo (Foto: Istimewa)
Romo Benny Susetyo (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Romo Benny Susetyo mengucapkan selamat berpuasa bagi seluruh umat Muslim yang menjalankannya. Rohaniawan Katolik itu juga mengajak untuk saling menghargai antarsesama umat beragama dan mempuk persaudaraan.

"Sudah sejak lama para pemimpin Katolik untuk membina dan memupuk persaudaraan dengan kaum Muslim dan agama-agama lain di Indonesia, bahkan di dunia,” ucap Romo Benny, dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (24/4).

Berita Terkait : Selama Ramadan, BNI Berlakukan Jam Operasional Baru

Romo Benny menjelaskan, dalam dokumen Konsili Vatikan II bernama Nostra Aetate, dengan jelas memuat ajakan untuk menghargai hal-hal sakral dalam setiap umat beragama, termasuk Islam. Hal ini senada dengan apa yang disuarakan Uskup Agung dan Presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama, Miguel Angel Ayuso Guixot. 

Pesan ini, menurut Romo Benny, mengajak umat Kristiani untuk mewujudkan persudaran sejati. Pesan ini sangat relevan dalam kerja sama umat Kristiani dan umat Muslim dalam merespons wabah corona.

Berita Terkait : Selama Ramadhan, Jam Layanan Bank Mandiri Dibatasi Mulai Pukul 9 Sampai 14

Menurut Romo Benny, kerja sama lintas iman ini sudah berjalan di lebih dari 37 keuskupan di Indonesia sebagai wujud dialog sejati. "Kerja sama dalam dialog karya dan kehidupan sangat dibutuhkan dalam saat ini di tingkat akar rumput," tegasnya.

Selain itu, Romo Benny berharap, momentum puasa pada bulan suci Ramadhan semakin memompa semangat bangsa untuk melawan virus corona dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila, yaitu salah satunya gotong royong.  “Lewat berbagi kepada saudara kita yang kena dampak Covid-19, seperti para pekerja harian, pedagang kecil, tukang cukur, kita sama-sama menunjukkan kepeduliaan akan kemanusiaan dan rasa cinta pada bangsa ini,” ucapnya. [USU]