Dark/Light Mode

Relawan Indonesia Bersatu Ajak Semua Relawan Bergerak Bersama-sama

Disiplin Obat Ampuh Binasakan Covid-19

Senin, 27 April 2020 05:37 WIB
Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19. (Foto: Istimewa)
Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perkembangan kasus Covid-19 di negeri ini terus menunjukkan tanda-tanda menggembirakan. Sampai kemarin, pasien yang sembuh tembus 1.107 orang, jauh melebihi angka kematian yang berada di angka 743 orang. Meski yang positif masih tinggi ada di angka 8.882 orang.

Angka ini diyakini bisa terus menurun jika kita semua disiplin mematuhi seluruh anjuran pemerintah. Langkah lainnya adalah muncul gerakan massif dari seluruh pihak dan relawan untuk bergerak bersama-sama membinasakan Covid-19.

Pandangan ini diutarakan Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Sandiaga Uno saat melanjutkan kegiatan rapid test massal di Halaman Wisma atlet kemayoran, Jakarta, kemarin.

Relawan indonesia Bersatu Lawan Covid-19 telah sukses menggelar Rapid Test massal di Halaman Parkir Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat selama tujuh hari yang dimulai 22 April hingga 29 April 2020.

Baca juga : Pertemuan Menteri G20, Indonesia Tekankan Penguatan Sistem Pangan Hadapi Covid-19

Usai melakukan Rapid Test Massal, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid19 juga akan melaksanakan mobile Rapid Test untuk empat lokasi yang berada di zona merah penyebaran Covid-19.

Sandiaga mengatakan, mobile Rapid Test ini akan dimulai pekan depan usai pelaksanaan Rapid Test massal di Halaman Wisma Atlet Kemayoran. Saat ini, tim relawan telah memiliki 4 unit mobile Rapid Test yang bisa melakukan 1.000-1.200 testing per hari. “Jadi (mobile Rapid Test) kami akan menyasar zona merah terutama wilayah padat yang banyak masyarakat prasejahtera. Jadi mobil unit ini akan menggantikan rapid test massal ini. Kita akan menghampiri kelurahan-kelurahan yang memiliki pemukiman yang padat dan banyak masyarakat yang prasejahtera,” ujar Sandiaga.

Untuk lokasi mobile Rapid Test ini memang belum ditentukan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19. Sebab, saat ini para relawan di berbagai daerah akan bergerak dan bekerja sama dengan pemerintah daerah serta aparat setempat untuk meminta data terkait Covid-19.

Nantinya, mobile Rapid Test ini akan berpindah-pindah lokasi sesuai dengan data pasien Covid-19 dan keluarga prasejahtera. “Setiap orang yang dites akan mendapatkan paket sembako dari Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 untuk meringankan beban mereka selama pandemi ini,” jelas Sandiaga.

Baca juga : Kepala RS Yang Bertemu Putin Pekan Lalu, Dinyatakan Positif Covid-19

Hingga hari kelima pelaksanaan Rapid Test massal ini, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 telah melakukan tes pada 1.896 orang. Dari data tersebut, 13 orang terindikasi positif Covid-19.

Menurut Sandiaga, Rapid Test massal yang diadakan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 ini telah sesuai dengan protokol yang ditetapkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. “Untuk sekarang kita siapkan 15.000 lebih alat Rapid Test. kita juga siapkan tambahan-tambahan lainnya untuk alat rapid test ini,” tegasnya.

Sandiaga didampingi beberapa koordinator Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 juga meninjau lokasi Rapid Test massal dan memberikan paket sembako untuk orang yang dinyatakan negatif. Usai meninjau, Sandiaga juga melepas dua unit mobil tangki disinfektan untuk melakukan penyemprotan di beberapa wilayah Jakarta Pusat yang berada di zona merah.

Pesan Sandiaga Uno Untuk Masyarakat

Baca juga : 5 Pemimpin Dunia Ajak Semua Kompak Lawan Covid-19

Demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Sandiaga berpesan kepada masyarakat untuk disiplin dalam mengikuti anjuran pemerintah yaitu jaga jarak, dirumah saja, gunakan masker dan aktif dalam gerakan dekontaminasi. Dia menambahkan, pandemi ini harus dilawan dengan gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia.

Sandiaga juga mengajak para relawan yang lain untuk bersatu padu dan bersinergi bersama pemerintah pusat, pemerintah daerah, TNI/Polri untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Kami yakin dengan bergerak bersama-sama maka kita akan menang lawan Covid-19,” pungkasnya.

Beberapa koordinator Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 yang hadir adalah. 1. Relawan Gugus Tugas: Didit Ratam. 2. Relawan Sandiaga Uno/Founder KAHMIN PREUNER: Kamrus Samad. 3. Relawan Buruh For Jokowi: Mudhofir Khamid. 4. BEM Jakarta: Novran. 5. BEM Nusantara: Dimas. 6. Ketua Forum Kiyai Tahlil Indonesia: Gus Khayat. 7. ketua PP Pemuda Muhammadiyah: Cak Nanto. 8. Komunitas Indonesia Tersenyum: Ivan D. 9. Dewan Pengawas Talenta Indonesia: Taufik Arif. 8. Komite Relawan S-24 Peduli: Hasbi. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.