Dark/Light Mode

5 Pemimpin Dunia Ajak Semua Kompak Lawan Covid-19

Selasa, 31 Maret 2020 23:14 WIB
Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier
Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier, Raja Abdullah II dari Yordania, Presiden Singapura Halimah Yacob, Presiden Ethiopia Sahle-Work Zewde dan Presiden Ekuador Lenin Moreno menulis sebuah artikel yang mengajak semua orang untuk bersama mencari jalan keluar dari situasi suram sekarang ini.

"Negara kita, pertumbuhan masyarakat dan ekonomi menjadi lambat, kita nyaris tidak bisa melakukan apapun di tengah ancaman dalam dan luar negeri yang sudah melewati batasan etnis, batas wilayah dan kepercayaan," bunyi artikel berjudul "Five World Leaders: No Time for Geipolitical Turf Battles" di laman Thakoni, Selasa (31/3).

Kelima pemimpin ini menyebut tidak perlu ada persaingan dan pertikaian di tengah krisis global bernama Covid-19. Hampir tidak ada negara yang luput dari serangan wabah virus corona. Sasarannya juga tidak pandang jabatan, gender, keyakinan hingga status di masyarakat.

Baca juga : Pemda Diminta Alirkan Dana Tak Terduga APBD untuk Tangani Covid-19

"Negara kita saling menutup diri untuk mengatasi penyebaran virus. Padahal kita bisa membuka diri dan mencopot segala pembatas dan saling berbagi informasi dan bekerja sama mencari solusi," bunyi artikel itu.
Para pemimpin ini mengaku salut dengan tekad tim medis semua negara yang tanpa pamrih maju menjadi garda terdepan melawan virus yang vaksinnya masih belum ditemukan ini.

Bekerja sama adalah cara ampuh menemukan jalan keluar dari krisis ini. Contohnya saja penyakit mematikan seperti tuberkulosis, campak, ebola dan AIDS berhasil ditanggulangi berkat kemajuan teknologi medis dan kerja sama banyak pihak.

"Dalam krisis seperti ini, penundaan bisa berakibat tewasnya seseorang. Kita semua tengah menghadapi musuh yang sama. Maka kita perlu melawan virus ini bersama-sama," lanjut surat tersebut.

Baca juga : Anjing dan Kucing Tak Tularkan Covid-19

"Kami yakin dengan menggerakkan rasa kemanusiaan adalah dengan melakukan bantuan," sambung surat itu. "Kami percaya penduduk di negara manapun pasti siap berkontribusi untuk memperbaiki situasi."

Kelima pemimpin negara ini mengatakan dengan kerja sama globak, pembuatan vaksin bisa dipercepat dan bisa disebar dengan cepat karena adanya kerja sama tim medis dari berbagai dunia.

"Kami yakin jika kita mengumpulkan semua kemampuan kita, kita bisa menyelamatkan kemanusiaan. Tua muda, kaya miskin, pria wanita, siapa saja," inbuh tulisan itu.

Baca juga : Lagi, Bintang NBA Sembuh dari Covid-19

Kelimanya mengajak semua negara bekerja sama dengan membentuk tim yang kapabel untuk menjadikan dunia menjadi temoat yang lebih baik. [KRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.