Dark/Light Mode

Kepala RS Yang Bertemu Putin Pekan Lalu, Dinyatakan Positif Covid-19

Rabu, 1 April 2020 02:07 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) berjabat tangan dengan Denis Protsenko, dalam kunjungannya ke Pusat Medis Novomoskovsky, Moskow, 24 Maret 2020. (Foto: Alexei Druzhinin/TASS via Getty Images)
Presiden Rusia Vladimir Putin (kanan) berjabat tangan dengan Denis Protsenko, dalam kunjungannya ke Pusat Medis Novomoskovsky, Moskow, 24 Maret 2020. (Foto: Alexei Druzhinin/TASS via Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Denis Protsenko, dokter yang pekan lalu menerima kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin di rumah sakit rujukan Covid-19 terbesar di Moskow, mengaku telah terjangkit Corona. Namun, ia mengaku kondisinya baik-baik saja.

"Saya telah dinyatakan positif Covid-19. Tapi, saya merasa baik-baik saja," ungkap Direktur Hospital No.40 itu melalui akun Facebooknya, Selasa (31/3).

Seperti dilansir Bloomberg pada Selasa (31/3), Putin yang saat berkunjung ke Hospital No.40 tak mengenakan masker dan berjabat tangan dengan Protsenko pada 24 Maret 2020, telah menjalani tes reguler. Hasilnya, negatif Corona.

Baca juga : Lagi, ASN Kementan Serahkan Bantuan Alat Kesehatan untuk Atasi Covid-19

Hal ini diungkap Juru Bicara Kremlin, Dmitry Peskov, Selasa (24/3).

Saat menerima kunjungan Putin, Protsenko mengingatkan Sang Presiden bahwa Rusia harus bersiap menghadapi risiko penyebaran Covid-19 seperti yang terjadi di Italia.

"Saya telah mengisolasi diri di kantor saya. Saya melakukan pekerjaan jarak jauh, manajemen dan konsultasi pengobatan jarak jauh. Saya pikir, kekebalan yang saya bangun bulan ini sedang melakukan tugasnya ...stay tuned," ungkap Protsenko dalam akun Facebook-nya.

Baca juga : Pemerintah Kawal Ketat Kepulangan WNI Demi Tekan Penyebaran Covid-19

Melalui media sosialnya, dokter berusia 44 tahun yang menjadi wajah pertempuran Moskow dengan virus Corona itu, kerap mengimbau publik Rusia untuk senantiasa meningkatkan kewaspadaan pandemi Covid-19.

Dalam sepekan setelah pertemuannya dengan Putin, Moskow memasuki masa lockdown. Warga setempat diminta untuk tetap diam di rumah.

Pada Selasa (31/3), Rusia mencatat peningkatan jumlah kasus positif Covid-19 sebesar 27 persen dalam semalam. Sehingga, totalnya menjadi 2.337. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.