Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Viral Bupati Boltim Nyerang Menteri

Pak Bupati, Sehat?

Senin, 27 April 2020 06:53 WIB
Tangkapan video Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim. (Foto: Istimewa)
Tangkapan video Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim mendadak viral. Dalam sebuah video yang beredar di medsos, dia ngamuk-ngamuk dan nyerang Menteri. Aksi Bupati ini tentu saja disesalkan, mengingat semua pihak sedang sibuk ngurus corona. Warganet pun bertanya, Pak Bupati, sehat?

Ada beberapa versi video yang viral. Salah satunya, video berdurasi 2 menit 8 detik. Dalam video itu, Sehan Salim tampak mengenakan peci putih dan gamis warna biru muda. Dia marah-marah mengkritik ribetnya pencairan BLT.

“Masih mau buka rekening, ini lah, ini lah, kriteria macam-macam. Negeri sudah mau bangkrut menteri masih ngeyel semua,” sesal Sehan Salim, gregetan.

Ia meragukan Bank Sulut punya buku rekening yang cukup untuk mengakomodir semua penerima BLT. “Kalau 4.700 warga, memangnya Bank di Sulut ada buku rekening sebanyak itu? Gob**k, ngeyel tuh menteri,” umpatnya lagi, dengan mulut terbuka, setelah masker diturunkan. Ia geram, karena tidak tahu kapan BLT itu bisa dikucurkan. Ia meminta kepala daerah diberikan diskresi. Diberi kepercayaan mengelola bantuan. Jangan men-generalisir semua pemda itu garong.

Baca juga : Mau Beli Suku Cadang Suzuki, Pake Aplikasi Aja

“Kasih aja diskresi, dikawal oleh polisi dan KPK, LSM, wartawan. Terlalu banyak bikin aturan kertas-kertas menteri ini. Bosan dengan menteri-menteri ini,” kesalnya.

Di video lain, Bupati juga masih menunjukkan emosinya. “menteri-menteri itu berlagak tidak salah main ubah aturan yang bikin kita pusing,” kritiknya. Harusnya, kata dia, pemerintah pu sat menjalankan koordinasi yang bagus dalam menghadapi bencana seperti ini. Ia berharap, pemda diberi kepercayaan penuh oleh pemerintah pusat dalam mengelola bantuan.

“Beri saja kewenangan kita, diawasi KPK, polisi, kejaksaan. Kita akan libatkan semua. Tapi jangan (aturan) diubah-ubah bikin bingung,” tegasnya. Ada tiga menteri yang menjadi sasaran kejengkelannya. Antara lain Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, Menteri Sosial (Mensos) Juliari Batubara, dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian.

Setelah videonya viral, Menteri Sosial Juliari P Batubara angkat bicara. Dia menyesalkan sikap Sehan Salim Landjar. Menurutnya, penyaluran BLT kepada ratusan juta rakyat Indonesia tidak mudah. Sehingga dibutuhkan data penerima dan mekanisme yang tepat.

Baca juga : Inggris Nggak Punya UU Mengatur Perdana Menteri Pengganti

Politisi PDiP ini menyarankan, jika Bupati Boltim masih keberatan dengan mekanisme penyaluran BLT yang ditetapkan pemerintah pusat, silahkan untuk mempelajari Surat Edaran KPK nomor 11 Tahun 2020. Dalam SE tentang Penggunaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Data non DTKS dalam Pemberian Bantuan Sosial ke masyarakat, sudah jelas aturannya. "Kalau yang bersangkutan tidak setuju, silakan saja kirim surat ke KPK, tembusan ke kami-kami,” saran Mensos.

Warganet pun mendukung sikap Mensos terkait Boltim. “Perut betul ga bisa nunggu, tapi duit rakyat juga hitam di atas putih nya pak, atas dasar sdh lapar duit rakyat maen ksh aja ga begitu jg pak, jngan jd kompor meleduk,” semprot akun @galuhprasta1012.

Akun @RizmaWidiono malah curiga. “Mungkin dana desa udah habis digarong pake bancakan, makanya cuma ngandalin dari pusat. Bupati Boltim Kader PAN mustinya paham isi dari Surat edaran nomor 11 Tahun 2020. Cerdaslah jadi Pemimpin.! Jadi kesimpulanya yg Goblokz itu siapa, hello Sehan,” sentilnya.

“Bupatinya gak malu ya. ngomel begitu, warga cerdas bisa curiga padanya,” timpal @dorseysilalahi. “Pak Bupati, sehat?,” tanya akun @Demikamu__. Tapi tidak sepatutnya menyalahkan menteri, apalagi dengan bahasa yg tidak patut,” sindir @ahmadyanibs.

Baca juga : AHM Salurkan 990 Paket Bantuan Kesehatan

“Biasanya abis ini diserang pribadi nya.. modus lama,” tebak @Wawan aja 2020. “nggak punya no hp gubernur atau menterinya kah?,” tanya @mamad_ deni. “Sok galak gini biasanya malah lebih kencenggggg,” sentil @novrdx1 dengan emoji ketawa.

Akun @Laisakadrun malah menyoroti sang Bupati yang merupakan kader PAN. “Gak heran kalau dari Partai TUHAN si,” sindirnya. “Lha kan pantasan, anak buahnya si Amin Sengkuni Rais,” sahut @ayahamutn. “Sekedar informasi Bapak Sehan Salim Landjar (Bupati Bolaang Mongondow Timur) ini juga ketua DPW Pan SULUT. Dan anaknya mau jadi calon. Masih saja berpolitik lagi pandemi begini..,” jelas @Paltiwest. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.