Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sandi Dorong UMKM Kolaborasi di Masa Pandemi

Minggu, 12 Juli 2020 16:35 WIB
Sandiaga Uno (Foto: Istimewa)
Sandiaga Uno (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengusaha nasional Sandiaga Uno berbagi resep sukses berbisnis bagi UMKM di masa pandemi Covid-19. Sarannya, pegiat usaha melakukan hal tidak biasa yaitu berkolaborasi dalam berbisnis.

“Melalui kolaborasi, dua usaha berbeda dapat melengkapi kelemahan satu sama lain, sehingga kinerjanya dapat lebih efektif dan efisien. Keduanya mendapatkan win-win solution,” ujar Sandiaga di acara talkshow virtual bertajuk “Pulihkan Ibu Pertiwi: 2020 Era Kolaborasi”.

Baca juga : Senin, 2 KA Ke Bandung Tetap Beroperasi dari Stasiun Gambir

Mantan Wagub DKI ini menyebut kolaborasi dalam berbisnis itu sangat bermanfaat. Misalnya, menumbuhkan inovasi, membangun network, memangkas biaya bisnis, hingga menyelesaikan masalah. “Dari kolaborasi juga bisa belajar banyak hal baru dari mitra yang bisa meningkatkan kemampuan usaha kita menyampaikan value,” semangatnya.

Namun, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam membentuk kolaborasi saat situasi new normal. Salah satunya adalah memperhatikan cakupan dan durasi kolaborasi karena kolaborasi bukan open-ended. Pastikan kolaborasi sesuai target.

Baca juga : Wamendes Dorong Pantai Bahagia Muara Gembong Jadi Desa Wisata Bahari

Selain itu, penting pula untuk memperhatikan tren konsumen yang sangat dinamis dan berubah-ubah. “Kuncinya kita harus bisa beradaptasi dengan hasil outcome dan performa dari kolaborasi untuk menentukan whether to stop or lanjut,” katanya.

Waktum Partai Gerindra ini mendorong para pelaku bisnis UMKM untuk melakukan kolaborasi sebagai salah satu strategi marketing. “Kolaborasi engga harus dengan brand besar atau selebriti terkenal. Jika ada satu usaha yang memiliki proses produksi yang bagus, ketekunan atau konsistensi dari segi produksi, meski bukan brand besar maka jangan ragu untuk berkolaborasi. Kolaborasi adalah bagian silaturahim, dimana pasti itu ada rezeki.  Kita tunggu cerita-cerita sukses dari kolaborasi teman-teman,” tutupnya. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.