Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pemerintah Telah Salurkan Bantuan Warga Terdampak Bencana Alam Ke Sejumlah Daerah

Selasa, 19 Januari 2021 14:38 WIB
Staf Khusus Presiden Bidang Sosial, Angkie Yudistia. (Foto : Istimewa)
Staf Khusus Presiden Bidang Sosial, Angkie Yudistia. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah bantuan logistik, seperti peralatan medis, peralatan dapur dan tenda pengungsian untuk warga yang terdampak bencana alam di sejumlah daerah terus didistribusikan oleh pemerintah.

Hal tersebut disampaikan oleh Staf Khusus Presiden, Angkie Yudistia di kantornya di Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (19/1).

Agar bantuan logistik berjalan dengan baik dan lancar, kata Angkie, sejumlah anggota TNI dan Polri dikerahkan untuk membantu penyalurannya.

"Koordinasi terus dilakukan oleh pemerintah pusat dengan pemda setempat agar distribusi bantuan logistik ataupun fisik bisa terlaksana dan tercapai secara tepat guna dan tepat sasaran," kata Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden Bidang Sosial.

Baca juga : IMI Salurkan Bantuan Kemanusiaan Ke Korban Gempa Sulbar

"Tidak hanya itu, anggota TNI dan Polri juga diperbantukan untuk membersihkan puing-puing reruntuhan bangunan agar tidak menganggu psikologis masyarakat di lokasi bencana," tambahnya.

Angkie mengatakan sejak bencana alam terjadi di sejumlah daerah, pemerintah telah menerjunkan tim untuk membantu masyarakat.

Bahkan Angkie menjelaskan, saat bencana longsor di Sumedang, Gempa Bumi di Sulawesi Barat, banjir di Kalimantan Selatan dan bencana di daerah lainnya, Presiden Joko Widodo langsung memerintahkan Mensos, Kepala BNPB, Kepala Basarnas hingga Panglima TNI dan Kapolri untuk terjun langsung ke lokasi bencana.

"Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, kementerian dan lembaga terkait terus melakukan langkah-langkah tanggap darurat seperti, mencari korban bencana alam, merelokasi warga terdampak bencana serta upaya antisipasi drainase dampak bencana susulan," terangnya.

Baca juga : Mensos Minta Pemda Siapkan Stok Sembako Di Daerah Banjir

Dikatakannya, adapun upaya antisispasi yang dimaksud adalah perbaikan drainase untuk penanggulangan banjir dan menanam bibit pohon di area yang berpotensi terjadi bencana.

Guna menghindari penyebaran Covid-19 di lokasi pengungsian, tambah Angkie, pemerintah sudah membangun tenda secara terpisah antara lansia dan non-lansia. Tak hanya itu, di lokasi pengungsian juga disediakan pemeriksaan rapid tes antigen untuk para pengsungsi.

Angkie juga mengajak masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi multi risiko baik dari aspek cuaca, iklim, gempa atau tsunami yang semakin meningkat terutama memasuki bulan Januari, Februari hingga Maret 2021.

Hari ini Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja Provinsi Sulawesi Barat guna meninjau langsung penanganan bencana gempa di Mamuju, Sulawesi Barat. Presiden Jokowi langsung menuju ke posko pengungsian warga yang terdampak gempa bumi. [DIR]

Baca juga : Mendagri Ingatkan Pemda Untuk Proaktif Hadapi Bencana Alam

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.