Dark/Light Mode

Cuaca Ekstrem Di Jabar, PLN Jaga Kondisi Pendistribusian Listrik Ke Pelanggan

Senin, 8 Februari 2021 21:40 WIB
Banjir di wilayah Jabar. (Dok. PLN)
Banjir di wilayah Jabar. (Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PLN menjaga pendistribusian listrik ke pelanggan dengan memutus sementara aliran listrik didaerah terdampak banjir di wilayah Jawa Barat. Pemadaman sementara dilakukan demi menjaga keamanan dan keselamatan warga terdampak.

Cuaca ekstrem yang melanda pada Minggu (7/2) menyebabkan beberapa wilayah di Jawa Barat seperti sebagian daerah Karawang, Indramayu, Purwakarta, Bekasi, Gunung Putri, Cirebon dan Sumedang terendam banjir.

General manager PLN UID Jawa Barat, Agung Nugraha mengatakan, sampai dengan Pukul 18.00 WIB dari 371 Gardu terdampak, sebanyak 79 gardu sudah berhasil di nyalakan kembali menyisakan 292 Gardu yang belum dioperasikan demi keselamatan Warga karena masih terendam banjir.

Saat ini lanjut Agung, kelistrikan di Cirebon dan Gunung Putri sudah Normal, sedangkan 4 wilayah lainnya demi keselamatan dan keamanan warga yang sedang mengalami banjir, PLN dengan terpaksa tidak mengalirkan listrik terlebih dahulu ke lokasi-lokasi tersebut.

Baca juga : Semarang Banjir Besar, PLN Jaga Pasokan Listrik

"Setelah banjir surut dan dipastikan aman, listrik baru bisa dinyalakan," tutur Agung.

Agung juga menambahkan bahwa pemantauan dan percepatan recovery suplai listrik daerah terdampak banjir akan terus dilakukan dengan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan msyarakat.

"Sebanyak 79 dari 371 unit gardu distribusi yang terdampak banjir sudah berhasil dipulihkan kembali sehingga sebanyak 10.834 dari 75.790 pelanggan yang terdampak banjir sudah kembali menikmati pasokan listrik," jelasnya.

Agung mengimbau masyarakat agar mewaspadai potensi bahaya listrik saat banjir dengan cara mematikan instalasi listrik di dalam rumah dari Mini Circuit Breaker (MCB), mencabut seluruh peralatan listrik yang tersambung dengan stop kontak, dan memindahkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman.

Baca juga : Demi Keselamatan, PLN Imbau Warga Matikan Listrik Di Dalam Rumah

Namun, apabila listrik tidak padam saat banjir, masyarakat dapat segera menghubungi PLN. “Masyarakat dapat menghubungi Contact Center 123 melalui New PLN Mobile, telepon, atau mendatangi kantor PLN terdekat untuk memutuskan aliran listrik daerah terdampak banjir,” imbuhnya.

Pemantauan daerah terdampak banjir juga bisa dilakukan melalui contact center PLN 123 atau media sosial PLN di wilayah Jabar.

Setelah banjir surut, Agung mengajak masyarakat untuk memastikan semua peralatan elektronik dan jaringan instalasi listrik dalam keadaan benar-benar kering sebelum dipakai.

Dirinya menambahkan, PLN UID Jabar memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan dan mengingatkan pelanggan untuk tetap berhati-hati.

Baca juga : PLN Hadirkan Stasiun Pengisian Energi Listrik Di Daerah Pedalaman NTT

Berdasarkan informasi cuaca dari BMKG periode 5-11 Februari 2021, masyarakat di Jawa Barat dihimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem dan dampak yang ditimbulkannya seperti banjir, pohon tumbang, angin kencang, dan jalan licin.

Bagi pelanggan yang lokasi nya sudah surut dan listriknya belum normal dapat menghubungi contact center 123 dengan cara menekan kode area dilanjutkan dengan 123. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.