Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Empat Hari Pasca Banjir, PLN Tuntaskan Pemulihan Listrik Manado

Rabu, 20 Januari 2021 10:59 WIB
Petugas PLN terus berupaya memulihkan jaringan listrik di Manado pasca bencana banjir dan longsor. (Dok. PLN)
Petugas PLN terus berupaya memulihkan jaringan listrik di Manado pasca bencana banjir dan longsor. (Dok. PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PLN kembali menyalakan listrik bagi pelanggan di Manado setelah memastikan keamanan dan keselamatan warga di wilayah terdampak banjir dan longsor. Bencana ini terjadi imbas cuaca ekstrim di wilayah tersebut.

General Manager Unit Induk Wilayah Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo, Leo Basuki mengungkapkan, empat hari pasca banjir, pada Selasa (19/1) sore, 100 persen gardu yang sebelumnya dipadamkan demi keamanan dan keselamatan warga kini telah kembali menyala.

"Keamanan dan Keselamatan menjadi prioritas utama kami, petugas kami terus bersiaga untuk memonitor banjir, setelah surut dan dipastikan aman, baru kami nyalakan. Dan sekarang pelanggan di Manado kembali menikmati listrik PLN,” ucap Leo Basuki.

Baca juga : Kelompok Jihad Islam Palestina: Kami Akan Terus Lawan Israel

PLN melakukan inspeksi jaringan serta pemeriksaan, pembersihan, dan pengeringan gardu distribusi sebelum menyalakan aliran listrik. Selain itu, PLN juga memastikan wilayah yang dipasok oleh gardu distribusi sudah tidak mengalami banjir.

Dalam penyalaan kembali aliran listrik ke pelanggan PLN juga telah mendapatkan persetujuan dari kepala lingkungan dan tokoh masyarakat setempat setelah dinyatakan instalasi listrik di rumah warga aman.

Hal ini dilakukan guna memastikan keamanan dan keselamatan pelanggan. Selama pemulihkan kelistrikan, PLN menerjunkan 138 personil untuk memulihkan 795 gardu distribusi yang terdampak banjir dan longsor.

Baca juga : Marquez, Ngebut Pemulihan Demi Seri Pembuka MotoGP 2021

“Selama tiga hari proses perbaikan, PLN melakukan segala upaya untuk memulihkan sistem kelistrikan, seperti penggantian tiang dan trafo serta penarikan jaringan dengan cepat. Kini pelayanan untuk pelanggan di Manado sudah dapat kembali normal,” tambah Leo.

Dirinya menambahkan, saat ini PLN masih melakukan pemantauan terhadap dua pelanggan besar di kawasan Megamas Manado untuk proses pembersihan kabel tanah yang tersapu gelombang air laut.

Leo juga mengimbau agar warga tetap berhati-hati dan memastikan peralatan listrik di rumah sudah bersih dan kering sebelum digunakan.

Baca juga : 381 Gardu Distribusi Berhasil Dinyalakan, PLN Gercep Pulihkan Listrik Di Manado

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari terjadinya hubung singkat atau korsleting. Jika pelanggan membutuhkan layanan PLN dapat dilakukan melalui Aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore dan AppStore, Contact Center PLN 123, ataupun melalui media sosial PLN 123. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.