Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Vaksin Covid Untuk Lansia, Apa Syaratnya?

Minggu, 21 Februari 2021 08:28 WIB
Vaksinasi lansia untuk dokter senior di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta pada 8 Februari 2021. (Foto: Humas Kemenkes)
Vaksinasi lansia untuk dokter senior di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta pada 8 Februari 2021. (Foto: Humas Kemenkes)

RM.id  Rakyat Merdeka - Vaksinasi Covid-19 untuk lansia yang rentan penularan Corona, telah dimulai pada 17 Januari lalu. Ditandai oleh penyuntikan vaksin Covid dosis pertama terhadap dokter senior di RSCM, yang merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid, yang dilanjutkan oleh pemberian vaksin Corona kepada Wakil Presiden KH Maruf Amin.

Vaksinasi Covid untuk lansia akan digelar di seluruh ibu kota provinsi, dengan prioritas Jawa-Bali.

Baca juga : Mau Daftar Vaksinasi Lansia? Ini Link-nya

Pada pelaksanaannya, terdapat dua pilihan mekanisme pendaftaran bagi masyarakat lanjut usia. Pertama, lewat fasilitas kesehatan masyarakat. Baik di Puskesmas maupun rumah sakit milik pemerintah dan swasta.

Dalam opsi ini, peserta dapat mendaftar dengan mengunjungi website Kementerian Kesehatan yaitu www.kemkes.go.id dan website Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di covid19.go.id. Di kedua website tersebut akan tersedia link atau tautan yang dapat diklik oleh sasaran vaksinasi masyarakat lanjut usia. Di dalamnya terdapat sejumlah pertanyaan yang harus diisi.

Baca juga : Vaksin Corona Rusia Akan Diproduksi Di Iran

Kedua, mekanisme melalui vaksinasi massal via organisasi atau institusi yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan. Misalnya, organisasi untuk para pensiunan ASN, Pepabri atau Veteran Republik Indonesia.

Organisasi lain juga bisa menyelenggarakan vaksinasi secara massal seperti organisasi keagamaan ataupun organisasi kemasyarakatan. Syaratnya, organisasi tersebut harus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan provinsi kabupaten/kota untuk dapat melaksanakan vaksinasi massal.

Baca juga : Nggak Sakit, Percaya Saya

Lantas, adakah syarat atau kriteria tertentu bagi lansia untuk mendapatkan vaksin Covid? Lansia yang akan disuntik vaksin Covid, akan menjalani proses skrining khusus dan berbagai pertanyaan tambahan untuk memastikan kondisinya sebelum divaksin. Pastikan lansia tidak berada dalam kondisi sebagai berikut:

  1. Mengalami kesulitan naik 10 anak tangga
  2. Sering merasa lelah
  3. Memiliki 4 dari 11 penyakit ini: hipertensi, diabetes, kanker, penyakit paru kronis, serangan jantung gagal jantung kongestif, nyeri dada, asma, nyeri sendi, stroke, dan penyakit ginjal
  4. Mengalami kesulitan berjalan, kira-kira 100-200 meter
  5. Mengalami penurunan berat badan yang signifikan dalam setahun terakhir

 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.