Dark/Light Mode

Malaysia Siap Gratiskan Vaksin Covid Untuk WNA

Kamis, 11 Februari 2021 15:46 WIB
Malaysia Siap Gratiskan Vaksin Covid Untuk WNA

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar gembira bagi para warga negara asing (WNA) di Malaysia. Rapat kabinet pemerintahan Muhyiddin Yassin pada Rabu (10/2) malam, telah menyetujui pemberian vaksin Covid-19 untuk semua orang yang ada di Malaysia. Termasuk, WNA.

Vaksin gratis yang diberikan dalam program "Lindung Diri, Lindung Semua" itu mengacu pada pendekatan "tak ada yang selamat, hingga semuanya selamat".

Dalam hal ini, ada 6 faktor yang menjadi dasar pertimbangan bagi pemerintah Malaysia, untuk mengikutsertakan WNA dalam program vaksinasi Covid-19 cuma-cuma.

Baca juga : Rusia Siap Pasok Vaksin Sputnik V Untuk Swasta

Pertama, semakin banyak anggota masyarakat yang divaksin Covid-19, cita-cita Malaysia menuju bebas Corona akan lebih mudah terwujud. Kedua, di masa pandemi, pemberian vaksin merupakan tindakan kemanusiaan.

Ketiga, pandemi Covid di Malaysia banyak menjangkiti pekerja asing. Baik di sektor perkebunan, konstruksi, ataupun manufaktur. Keempat, biaya perawatan dan karantina pasien Covid-19 yang tinggi, didominasi oleh klaster pekerja asing.

Kelima, pekerja asing telah menjadi bagian dari masyarakat Malaysia, yang punya kontribusi tinggi terhadap perekonomian negara. Keenam, beberapa negara asing juga mengikutsertakan warga Malaysia dalam daftar vaksinasi Covid-19.

Baca juga : Wali Kota Binjai Terpilih Wafat Karena Covid

"Keputusan ini menjadi dasar pemberian vaksin bagi WNA, dan ikut mendorong suksesnya Program Imunisasi Covid-19 di Malaysia,"demikian pernyataan Satgas Vaksinasi Covid-19 Malaysia (JKJAV), Kamis (11/2).

Meski begitu, prioritas pemberian vaksin tetap mengutamakan warga Malaysia. Informasi dan jadwal vaksinasi untuk WNA, akan diumumkan kemudian.

Vaksinasi Covid untuk WNA, juga akan sangat tergantung dengan ketersediaan vaksin untuk warga Malaysia. Dengan kata lain, vaksin untuk WNA hanya akan diberikan, jika jumlah stok vaksin di Malaysia, melebihi total kebutuhan masyarakat setempat. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.