Dark/Light Mode

Dipicu Aktivitas Sesar Lokal

Gempa Tektonik M5,6 Guncang Wamena, Tak Berpotensi Tsunami

Jumat, 12 Maret 2021 09:58 WIB
Peta lokasi gempa bumi Wamena, Papua, Jumat (12/3). (Foto: Inatews BMKG)
Peta lokasi gempa bumi Wamena, Papua, Jumat (12/3). (Foto: Inatews BMKG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa tektonik bermagnitudo 5,6 yang kemudian dimutakhirkan menjadi 5,3 mengguncang wilayah Wamena, Papua pada Jumat (12/3) pukul 08.16 WIB.

Dalam keterangannya, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bambang Setiyo Prayitno menjelaskan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,54 LS dan 138,98 BT , atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 49 km arah Selatan Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua pada kedalaman 24 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal.

Baca juga : Gempa M5,8 Guncang Kepulauan Mentawai, Tak Berpotensi Tsunami

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," kata Bambang.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Wamena dengan skala IV MMI. Bila terjadi pada siang hari, gempa dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. Sementara di Timika II-III MMI. Dalam skala ini, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Hingga Jumat (12/3) pukul 08.45 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Baca juga : Gempa M5,1 Guncang Padangsidempuan, Tidak Berpotensi Tsunami

BMKG mengimbau masyarakat, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Masyarakat juga diminta menjauh dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah," tutur Bambang.

Baca juga : Gempa M5,5 Guncang Wilayah Toli-toli, Sulawesi Tengah

Pastikan informasi resmi soal gempa, hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG ), website (https://bmkg.go.id / https://inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG). [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.