Dark/Light Mode

Giliran Kepulauan Sangihe Digoyang Gempa M6

Sabtu, 10 April 2021 17:14 WIB
Giliran Kepulauan Sangihe Digoyang Gempa M6

RM.id  Rakyat Merdeka - Gempa bermagnitudo 6 mengguncang wilayah Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Sabtu (10/4) pukul 16.30 WIB.

Dalam keterangannya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, gempa tersebut terletak pada koordinat 3.99 Lintang Utara, 124.73 Bujur Timur.

Pusat gempa berada di laut, yang berjarak 94 km arah barat laut Tahuna, Kepulauan Sangihe.

Baca juga : Ini Deretan Fitur Canggih Wuling Almaz RS

Gempa berkedalaman 295 km itu dirasakan dengan skala III MMI di Talaud, II-III Ternate, II-III Sanana, II-III Tobelo, II-III Kao.

Dalam gempa berskala III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Sedangkan dalam gempa berskala II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Baca juga : 2 Nelayan Nias Selatan Hilang Saat Melaut

Sebelumnya, pada pukul 14.00 WIB, gempa bermagnitudo 6,7 mengguncang wilayah Kabupaten Malang. Getaran gempa terasa hingga skala V MMI di daerah Turen.

Getaran dirasakan oleh hampir semua penduduk, orang banyak terbangun, gerabah pecah, barang-barang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar tampak bergoyang, bandul lonceng dapat berhenti.

Getaran juga terasa hingga wilayah Lombok Utara. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.