Dark/Light Mode

Anggaran Penanganan Covid-19 Tembus Rp 130 Triliun

Menkeu Bilang, Bisa Untuk 254 Kali Renovasi Istiqlal

Selasa, 20 April 2021 07:17 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Antara)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Tidak hanya itu, menurutnya, anggaran Rp 130,03 triliun juga bisa untuk 254 kali renovasi Masjid Istiqlal, 40 kali renovasi Gelora Bung Karno, 973 kali pembangunan Pasar Legi Ponorogo dan 50 kali pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan.

Bahkan, untuk infrastruktur sendiri, dana Covid-19 sama dengan 5 kali pembangunan ruas tol Kayu Agung-Palembang, 161 kali pembangunan Jembatan Teluk Kendari, 100 kali pembangunan Jembatan Holtekamp, dan 73 kali pembangunan Jalur Kereta Api Rantauprapat-Pinang.

Baca juga : Kabar Gembira, Penyintas Covid Tak Perlu Tunggu 3 Bulan Untuk Divaksin

“Ini tidak hanya menyangkut hidup manusia, juga kelangsungan pembangunan di Tanah Air,” ujarnya.

Sri Mulyani mengingatkan, anggaran tersebut tidak akan maksimal tanpa dukungan seluruh lapisan masyarakat dalam menerapkan disiplin kesehatan. Baik yang telah divaksinasi maupun yang masih menunggu divaksin.

Baca juga : Mas Menteri Bakal Bentuk Satgas Anti Pembajakan Film

“Ayo, kita selalu waspada terhadap penyebaran Covid-19. Tetap patuhi protokol kesehatan dan terapkan 3M (menjaga jarak, memakai masker dan menjauhi kerumunan),” ajaknya.

Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad mengatakan, anggaran yang disiapkan terutama untuk pemulihan ekonomi nasional sudah cukup tinggi. Namun, implementasi dan efektivitas menjadi persoalan berikutnya.

Baca juga : CIMB Niaga Patok Target KPR Dobel Digit

“Efektivitas jadi masalah. Pengaruhnya bagaimana, selama masih ada ketidakpastian, Covid-19 tinggi, maka efektivitas semakin rendah,” ujarnya.

Tauhid mengatakan, anggaran besar belum tentu mendorong konsumsi lebih baik selama pandemi masih seperti saat ini. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.