Dark/Light Mode

Kabar Gembira, Penyintas Covid Tak Perlu Tunggu 3 Bulan Untuk Divaksin

Senin, 12 April 2021 21:57 WIB
Vaksinasi Covid pegawai ritel di Lippo Plaza Ekalokasari, Bogor, Jawa Barat. (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Vaksinasi Covid pegawai ritel di Lippo Plaza Ekalokasari, Bogor, Jawa Barat. (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar gembira bagi penyintas Covid-19. Orang yang sudah sembuh dari Corona, kini bisa mendapat vaksin, tanpa harus menunggu 3 bulan sejak pertama kali terkonfirmasi Covid.

Hal ini disampaikan Kementerian Kesehatan dalam Surat Edaran Kemenkes No. SR.02.06/II/850/2021 tanggal 7 April 2021.

Berita Terkait : Hoax, Vaksin Covid Bikin Lemah Syahwat

Surat tersebut menginformasikan, tak ada lagi screening vaksinasi Covid di Indonesia, untuk orang yang pernah terkena Covid.

Terkait hal ini, dr. Adam Prabata yang merupakan Kandidat PhD dari Universitas Kobe, Jepang menjelaskan, hingga saat ini, tidak ada jarak waktu minimal bagi penyintas Covid yang telah sembuh, untuk mendapatkan vaksinasi. 

Berita Terkait : Bantu Pemerintah Perangi Covid-19, SehatQ Gelar Vaksinasi Di Kawasan BSD City

"Sesuai anjuran Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC AS), orang yang sedang terinfeksi Covid tidak boleh divaksin. Sedangkan orang yang sudah sembuh dari Covid, boleh divaksin setelah selesai isolasi atau dinyatakan sembuh," papar Adam via laman Instagram-nya, Senin (12/4).

Dokter yang aktif mengedukasi masyarakat via medsos ini menambahkan, penundaan minimal 90 hari, dianjurkan bagi pasien Covid yang mendapatkan terapi antibodi pasif. Seperti terapi plasma konvalesen dan terapi antibodi monoklonal. [HES]