Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sampaikan Duka Cita, AHY Serukan Perhatian Penuh Bagi Keluarga Awak KRI Nanggala-402

Minggu, 25 April 2021 22:24 WIB
Ilustrasi. Ketua Umum Partai Demokrat AHY.
Ilustrasi. Ketua Umum Partai Demokrat AHY.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan duka cita mendalam atas gugurnya 53 awak kapal selam KRI Nanggala 402, sebagaimana dipastikan Panglima TNI, hari Minggu petang (25/4).

"Atas nama para kader, pengurus, pribadi serta keluarga, saya mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas gugurnya para patriot bangsa ini," kata Ketum AHY yang sedang berada di Banjarmasin dalam rangka safari Ramadan terbatas.

Pada agenda tersebut, AHY sedang bersama Sekjen Teuku Riefky Harsya yang juga anggota Komisi I DPR RI.

"Kami berdiskusi bagaimana kita sebagai bangsa bisa membalas jasa para prajurit yang gugur dalam tugas negara ini," katanya.

Baca juga : Muhammadiyah Doakan Keselamatan Seluruh Kru KRI Nanggala-402

Karena itu, lanjut Ketum AHY, ia memerintahkan Sekjen dalam kapasitas sebagai anggota Komisi I DPR untuk menyarankan agar Pemerintah memperhatikan penuh para keluarga yang ditinggalkan.

"Memang sudah pasti ada perhatian dari negara sesuai prosedur tetap, tapi ini peristiwa luar biasa, sehingga perhatian pemerintah pun harus luar biasa," katanya.

 Bentuk perhatian yang patut dipertimbangkan, tandas Ketum AHY lebih lanjut, mencakup setidaknya tiga hal pokok. Pertama, kata Ketum AHY,

"Pemerintah dapat memberikan tunjangan penuh dengan memberikan gaji utuh, tidak dipotong sebagaimana halnya uang pensiun."

Baca juga : Lanal Banyuwangi Disulap Jadi Posko SAR KRI Nanggala-402

Kedua, lanjut mantan komandan pasukan TNI ini, Pemerintah memberikan beasiswa hingga lulus universitas bagi seluruh putra-putri awak yang gugur.

Ketiga, ujar Ketum AHY, pemerintah memberikan fasilitas perumahan bagi masing-masing keluarga yang ditinggalkan.

"Saya yakin Pemerintah kita bisa mewujudkan ini. Beban biaya yang dikeluarkan Negara untuk mewujudkan tiga harapan ini masih lebih kecil dibandingkan pengorbanan nyawa yang sudah diberikan oleh 53 awak KRI Nanggala 402 yang gugur ini," tegas Ketum AHY.

Sekjen Teuku Riefky Harsya mengamini aspirasi yang disampaikan Ketum AHY ini.

Baca juga : Kompak! Prajurit TNI AL Doakan Keselamatan ABK KRI Nanggala-402

"Begitu masa persidangan di Senayan dimulai, saya akan secara resmi langsung mengajukan usulan-usulan ini pada Kementerian Pertahanan dan Mabes TNI termasuk pastinya Kementerian Keuangan," kata Teuku Riefky, wakil rakyat dari Dapil Aceh.

Salah satu awak kapal selam yang gugur juga diketahui berasal dari Aceh.

"Partai Demokrat sudah dan akan terus memperjuangkan harapan rakyat, termasuk para prajurit TNI yang menjadi bagian tak terpisahkan dari rakyat Indonesia," tegas AHY. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.