Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gibran Serukan Masyarakat Tahan Diri Untuk Mudik

Kamis, 6 Mei 2021 21:35 WIB
Gibran Serukan Masyarakat Tahan Diri Untuk Mudik

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, meminta masyarakat menahan diri tidak mudik untuk mencegah penyebaran Covid -19 di Surakarta.

“Tahan diri dulu tidak mudik. Halalbihalal bisa secara daring untuk menghindari peningkatan kasus Covid-19. Angkanya ini sudah baik. Apalagi, Juli sekolah akan dibuka,” ungkap Gibran usai menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Candi 2021 Yang digelar Polresta Surakarta Di Halaman Polresta Surakarta, Rabu (5/5).

Untuk mengantisipasi pemudik lokal, saat ini Pemkot Surakarta telah mempermudah pengurusan surat izin keluar masuk (SIKM) melalui pengurus RT dan RW saat kebijakan larangan mudik berlaku.

Baca juga : Begini Anjuran Latihan Fisik Untuk Pasien Hipertensi

Namun, dia tetap mengimbau warga tidak bepergian ke daerah lain selama larangan mudik. Gibran juga melarang lurah di Solo menerbitkan SIKM dengan tujuan daerah zona merah Covid-19.

“Yang jelas semua mengacu pada SE Wali Kota terakhir agar dipedomani semua pihak termasuk masyarakat. Regulasi telah ditetapkan dan hendaknya dipatuhi,” jelasnya.

Gibran menuturkan, saat ini perekonomian berangsur pulih, sehingga perlu upaya bersama untuk menjaga agar kasus Covid-19 tidak meningkat kembali. Ia juga menyebut, untuk percepatan program vaksinasi, Pemkot Surakarta akan mendapat kiriman vaksin buatan Sinovac dan Vaksin Nusantara.

Baca juga : Gibran Dan Kaesang Perkuat Pengprov IMI Jawa Tengah

“Mei-Juni nanti vaksin melimpah. Kami akan kebut lagi. Sudah datang Sinovac. Vaksin Nusantara nanti juga akan tiba,” tukas Gibran.

Sementara Kapolresta Surakarta AKBP Ade Safri, menegaskan, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) siap menggelar Operasi Ketupat 2021 yang mulai dilaksanakan dari tanggal 6 hingga 17 Mei, guna menciptakan suasana kondusif, aman dan tertib pada Ramadan hingga Idulfitri di masa pandemi Covid-19.

“Kami lakukan antisipasi pelaku perjalanan dengan memaksimalkan posko di terminal, stasiun, mal dengan mengecek dokumen yaitu hasil (tes swab) negatif paling lambat 1×24 jam. Tes rapid antigen acak juga dilakukan. Cegah kerumunan masyarakat. Denda administratif dan pembagian masker pada masyarakat juga kita jalankan,” tandasnya. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.