Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dihadiri Prabowo

Ryamizard Sabet Gelar Doktor Kehormatan Unhan

Kamis, 20 Mei 2021 19:16 WIB
Rektor Unhan Laksdya Amarulla Octavian (kiri) memindahkan tali toga saat menganugerahkan gelar doktor kehormatan ke Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu, di Kampus Unhan Sentul, Kamis (20/5). (Foto: Dok. Unhan)
Rektor Unhan Laksdya Amarulla Octavian (kiri) memindahkan tali toga saat menganugerahkan gelar doktor kehormatan ke Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu, di Kampus Unhan Sentul, Kamis (20/5). (Foto: Dok. Unhan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Pertahanan (Unhan) menganugerahkan gelar doktor kehormatan (honoris causa) ke Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu di Kampus Unhan Sentul, Bogor, Kamis (20/5). Acara dihadiri Menteri Pertahanan (Menhan) Letjen TNI (Purn) Prabowo Subianto.

Sidang Senat Terbuka penganugerahan doktor kehormatan untuk Ryamizard dipimpin Rektor Unhan Laksdya Amarulla Octavian. Sidang berlangsung secara khidmat dan tertib sesuai protokol kesehatan Covid-19. 

Baca juga : Diungkapkan Istri, Edhy Prabowo Biayai Sekolah Ratusan Anak-Anak

Dalam penganugerahan itu, Ryamizard penyampaian orasi ilmiah yang berjudul “Bela Negara sebagai Dasar Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta dalam Menghadapi Ancaman Militer, Nonmiliter, dan Hibrida”. Senat Akademik dan Dewan Guru Besar Unhan menilai, Ryamizard layak menerima gelar doktor kehormatan atas prestasi yang dicapai selama ini. 

Pengetahuan tacit Ryamizard sepanjang karier prajurit TNI hingga menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada 2002-2005 dan Menhan pada 2009-2014 telah banyak dituangkan ketika memberi kuliah umum di Unhan. Sebagai KSAD, Ryamizard banyak menggagas upaya peningkatan profesionalitas prajurit TNI AD dalam rangka memantapkan Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata).

Baca juga : Besok, Sinar Mas Gelar Vaksinasi Gotong Royong

"Bahkan, ketika menjabat sebagai Menhan, beliau menggagas dan memimpin langsung penyelenggaraan Program Bela Negara untuk seluruh lapisan masyarakat guna memperkuat nasionalisme dan patriotisme," ucap Rektor Unhan Laksdya Amarulla Octavian.

Pengalaman pribadi Ryamizard selama bertugas di dalam dan luar negeri juga ditulis ke dalam beberapa karya ilmiah. Karya ilmiah itu menjadi referensi beberapa lembaga pendidikan di lingkungan TNI/TNI AD.  

Baca juga : Terapi Kotoran Sapi Ngetren Di India, Dokter Ingatkan Potensi Bahayanya

"Penganugerahan gelar doktor kehormatan kepada Menhan merupakan tradisi akademik yang lazim berlaku di berbagai universitas pertahanan negara lain di dunia. Merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi Unhan untuk menunjukkan kesetaraan tradisi akademik tersebut sebagai bagian mewujudkan visi menjadi World Class Defense University pada tahun 2024," sambung Amarulla. 

Penganugerahan ini juga turut dihadiri Wakil Menhan Letjen Herindra, Sekjen Kemhan Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, dan para pejabat Kemenhan, Mabes TNI dan Mabes Angkatan, beserta para pejabat Unhan. Penganugerahan gelar doktor kehormatan kepada Ryamizard diharapkan dapat menjadi teladan bagi seluruh prajurit TNI agar semakin bersemangat mencapai prestasi akademik di masa mendatang. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.