Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Solidaritas Selamatkan Pasien Covid-19, Sinar Mas Gelar Donor Plasma Konvalesen

Kamis, 8 April 2021 18:00 WIB
Donor Plasma Konvalesen yang digelar Sinar Mas di Sinar Mas Land. (Foto: Sinar Mas)
Donor Plasma Konvalesen yang digelar Sinar Mas di Sinar Mas Land. (Foto: Sinar Mas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sinar Mas menggalang solidaritas para penyintas Covid-19 untuk mendonorkan plasma konvalesen lewat gelaran "Bakti Sosial Donor Plasma Konvalesen", di Sinar Mas Land Plaza, Jakarta.

"Kami mengajak seluruh keluarga besar Sinar Mas penyintas Covid-19 untuk bergabung melakukan donor plasma konvalesen, sebagai bentuk solidaritas bersama menghambat perluasan pandemi," ujar Managing Director Sinar Mas, Saleh Husin, dalam siaran pers yang diterima RM.id, Kamis (8/4).

Kegiatan donor plasma konvalesen ini terselenggara atas kerja sama Sinar Mas bersama Yayasan Buddha Tzu Chi cabang Sinar Mas, yang juga menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI).

Menurut Saleh, meskipun inisiatif donor plasma konvalesen telah resmi menjadi gerakan nasional sejak Januari silam, masih dibutuhkan sosialisasi yang jelas dan menyeluruh agar para penyintas virus Corona ikut tergerak.

Baca juga : Tingkatkan Kualitas Pendidikan, BSI Gelontorkan Pembiayaan

"Apa yang kami lakukan adalah sebagian dari upaya sosialisasi serta edukasi di lingkup Sinar Mas," imbuhnya.

Saleh berharap, akan semakin banyak lagi rekan dan karyawan Sinar Mas yang berdonor. "Kami juga sekaligus mengingatkan jika virus ini dapat menginfeksi siapa pun. Jadi jangan pernah menjauhi para penyintas, karena sangat mungkin mereka yang justru menyelamatkan kita di kemudian hari," tuturnya.

Sebanyak 122 karyawan Sinar Mas berpartisipasi dalam gelaran ini. Setelah menjalani proses pemantauan, Rabu (7/4) kemarin, 17 orang di antaranya memenuhi syarat mendonorkan plasma.

Acara itu disaksikan Theresia Monica Rahardjo, dokter pemrakarsa terapi plasma konvalesen bagi pasien Covid-19. Turut menyaksikan, Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya PMI DKI, Syarifuddin, Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan PMI DKI, Bapak Andi Usman, dan Kepala Unit Donor Darah, dr Ni Ken Ritchie.

Baca juga : Pelindo Marines Gelar Donor Darah Plasma Konvalesen Di Kapal RS Terapung

Selain itu, hadir juga Wakil Ketua Umum Yayasan Eka Tjipta Foundation yang juga Pembina Yayasan Buddha Tzu Chi cabang Sinar Mas, Hong Tjhin. 

Hong Tjin mengatakan, sosialisasi donor plasma konvalesen juga akan diperkuat melalui seminar daring, Kamis (15/4) mendatang. "Mengingat proses donor plasma konvalesen mensyarakatkan sejumlah hal yang cukup detil, dalam kurun waktu yang singkat," ujarnya. 

Sebelum plasma darah dapat diterima oleh pasien Covid-19, pendonor terlebih dulu mesti memenuhi ketentuan medis.

Di antaranya, berusia antara 18 hingga 60 tahun, memiliki berat badan minimal 55 kg, terbebas dari sejumlah penyakit, dan harus melalui proses pemantauan kondisi antibodi (screening) sehari sebelumnya.

Baca juga : 44 Warga Sleman Positif Covid Dari Klaster Takziah

Kesempatan mendonorkan plasma darah hanya dapat dilakukan penyintas hingga tiga bulan pascasembuh. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.