Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tumpas Teroris, 400 Pasukan Setan Siliwangi Dikirim Ke Papua

Selasa, 25 Mei 2021 18:06 WIB
KRI Banjarmasin-592 angkut pasukan batalion Infanteri 315/Garuda Kodam III Siliwangi  ke Papua. (foto:istimewa)
KRI Banjarmasin-592 angkut pasukan batalion Infanteri 315/Garuda Kodam III Siliwangi ke Papua. (foto:istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah kembali mengirimkan pasukan tempur untuk menumpas para Kelompok Kriminal Teroris Bersenjata (KKTB) di Papua

Baca juga : Pasca Gempa, Pertamina Pastikan Stok BBM Di Jatim Aman

Sebanyak 400 personel Batalion Infanteri 315/Garuda Kodam III Siliwangi yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas),  Pengamanan Daerah Rawan  diberangkatkan ke Papua.

Baca juga : Telkom Tingkatkan Ketersediaan Bandwidth 4,7 Gbps Di Jayapura

Pasukan loreng ini berangkat naik kapal perang milik Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) KRI Banjarmasin-592. Pelepasan batalion dengan julukan Pasukan Setan Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) Papua ini dipimpin Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto,  dan dihadiri Inspektur Kolinlamil Laksma TNI Frendy H. Saragih berlangsung di Lapangan Mulyono Silam, Dermaga Kolinlamil Jakarta Utara, Senin (24/5).
 
Dalam keterangan persnya, Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah mengatakan, bahwa keberangkatan 400 personel TNI itu tetap mengutamakan protokol kesehatan sesuai dengan instruksi dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI, Yudo Margono.
 
"Mulai dari embarkasi personel, material, saat lintas laut, hingga kapal sandar dan melakukan debarkasi harus mengacu pada prosedur prokes yang telah ditetapkan pemerintah," kata Panglima Kolinlamil seperti dikutip Antara.
 
Ia menyatakan, kapal perang Kolinlamil baik yang berada di bawah pembinaan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 1 Jakarta, 2 Surabaya, dan 3 Makassar siap mendukung pelaksanaan operasi angkutan laut militer ke seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), baik di wilayah barat, tengah, maupun timur, sesuai dengan perintah operasi.
 
KRI Banjarmasin 592 adalah kapal perang jenis landing platform docking (LPD) dengan Komandan Letkol Laut (P) Nur Rohmad Ibrahim tersebut, akan menurunkan pasukan tersebut, di Dermaga Merauke.
 
Letkol Laut (P) Nur Rohmad Ibrahim menambahkan, bahwa kapal dan seluruh anak buah kapal dalam kondisi siap sehingga pada penugasan mendukung Serpas Satgas Pamrahwan Papua Batalion TNI AD ini dapat berlangsung dengan aman dan lancar.

Baca juga : Rudal Hamas Tembus Pangkalan Militer Dan Pabrik Kimia Israel

Selain menurunkan pasukan di daerah operasi yang telah ditentukan, kapal perang tersebut juga akan menarik pasukan satgas sebelumnya yang telah bertugas selama 10 bulan untuk kembali ke kesatuan asal.
 
Pergeseran pasukan ke seluruh wilayah Nusantara merupakan satu di antara tugas pokok Kolinlamil. Selain mendukung pergeseran pasukan TNI ke daerah batas-batas wilayah NKRI yang berbatasan dengan negara tetangga, Kolinlamil juga aktif dalam mendukung pergeseran material dan logistik ke daerah-daerah rawan dan pulau-pulau terluar RI. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.