Dark/Light Mode

Telkom Tingkatkan Ketersediaan Bandwidth 4,7 Gbps Di Jayapura

Selasa, 18 Mei 2021 09:56 WIB
Telkom Landmark Tower Jakarta.
Telkom Landmark Tower Jakarta.

RM.id  Rakyat Merdeka - Telekomunikasi Indonesia kembali meningkatkan kualitas layanan data di Jayapura, pasca putusnya sistem komunikasi kabel laut Sulawesi Maluku Papua Cable System (SMPCS) pada 30 April 2021. 

Teranyar, kapasitas bandwidth Telkom Group di Jayapura mencapai 4,7 Gbps, melalui dukungan link satelit 2.662 Mbps, radio long haul Palapa Ring Timur 500 Mbps dan radio long haul Sarmi – Biak 1.600 Mbps.

Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono mengatakan, kualitas layanan Telkom Group di Jayapura menjadi prioritas untuk terus ditingkatkan. 

Baca juga : Menperin: Ramadan Momentum Tingkatkan Kejujuran Dan Disiplin

“Alhamdulillah, sebanyak 4,762 Gbps kapasitas bandwidth Telkom Group telah up di Jayapura. Layanan Telkomsel dan IndiHome sudah dapat dinikmati pelanggan, baik suara maupun data, dengan menyesuaikan bandwidth yang tersedia,” kata Pujo di Jakarta, Senin (17/5). 

Ia mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan pelanggan yang setia menggunakan layanan Telkom Group, terutama di Jayapura dan sekitarnya yang terdampak gangguan.

Selanjutnya, untuk perbaikan pada ruas SMPCS yang putus ditargetkan selesai pada minggu pertama Juni 2021, mengingat perlu proses penyambungan kabel dengan menggunakan kapal khusus.

Baca juga : Telkom Tingkatkan Kapasitas Bandwidth Jayapura Hingga 2Gbps

Untuk melakukan penyambungan kabel laut, Ia tengah mempersiapkan beberapa hal terkait pekerjaan yang melibatkan penggunaan kapal khusus, seperti perizinan, ketersediaan expert yang melakukan penyambungan kabel, dan ketersediaan perlengkapan. 

“Kami menargetkan proses pengangkatan dan penyambungan kabel selesai pada minggu pertama Juni 2021. Meski demikian, hal tersebut masih mungkin dipercepat apabila proses pencarian dan penyambungan dapat dilakukan lebih cepat dari perkiraan waktu. Kami akan mengupayakan perbaikan secepatnya,” tambah Pujo.

Namun Telkom belum bisa pastikan dugaan penyebab putusnya kabel laut fiber optic tersebut dikarenakan faktor alam atau tidak, mengingat lokasi kabel yang terputus berada di kedalaman 4.050 m, 

Baca juga : Telkom Targetkan Perbaikan Kabel Laut Di Jayapura Rampung Juni

Telkom baru dapat melakukan identifikasi lebih lanjut penyebab setelah pengangkatan kabel dari laut. “Kami akan terus berupaya untuk mempercepat pemulihan layanan Jayapura agar pelanggan dapat kembali beraktivitas. Kenyamanan pelanggan tentunya menjadi fokus kami untuk perbaikan ini,” tutup Pujo. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.