Dewan Pers

Dark/Light Mode

Pelni Sediakan Layanan Vaksinasi Di 4 Pelabuhan

Jumat, 9 Juli 2021 07:00 WIB
Pelni memberikan vaksinasi gratis untuk penumpang kapal Pelni di empat pelabuhan. (Foto : Dok. Pelni).
Pelni memberikan vaksinasi gratis untuk penumpang kapal Pelni di empat pelabuhan. (Foto : Dok. Pelni).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelayaran Nasional In­donesia (Persero) atau Pelni memberikan vaksinasi gratis untuk penumpang kapal Pelni di empat pelabuhan.

Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Kesekretariatan Pe­rusahaan Pelni Opik Taupik mengatakan, fasilitas vaksi­nasi tersebut sejalan dengan persyaratan perjalanan di masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Ma­syarakat) Darurat Jawa - Bali, yang mengharuskan calon penumpang memiliki sertifi­kasi vaksinasi minimal dosis pertama.

“Sentra vaksinasi untuk penumpang kapal Pelni tersedia di Pelabuhan Tanjung Priok Ja­karta, Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Benoa Bali,” ujar Opik melalui siaran pers, kemarin.

Berita Terkait : BI Naikkan Batas Maksimal Tarik Tunai Di ATM Jadi Rp 20 Juta

Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemangku kepentingan agar seluruh calon penumpang di pelabuhan lainnya bisa mendapatkan fasilitas serupa.

Untuk itu, ia berharap se­tiap calon penumpang kapal Pelni yang belum mendapat­kan akses vaksin bisa segera memanfaatkan fasilitas ini.

Selain menunjukkan kartu vaksinasi, sambung dia, calon penumpang tetap wajib me­nyertakan hasil negatif tes PCR (Polymerase Chain Reaction) dengan masa ber­laku 2 x 24 jam sebelum keberangkatan. Atau hasil negatif rapid test antigen dengan pengambilan sampel maksimal 1 x 24 jam serta mengisi e-HAC (electronic- Health Alert Card) Indonesia.

Berita Terkait : AP II Perpanjang Jam Operasional Vaksinasi Di Bandara Soetta

Ia menambahkan, sebagai bentuk keseriusan perusahaan dalam meningkatkan protokol kesehatan selama pelayaran, kru kapal secara rutin melaku­kan penyemprotan disinfek­tan dan pembersihan pada ruang-ruang kapal, seat atau kasur penumpang.

Serta penyediaan hand sanitizer pada sudut-sudut kapal. Bahkan, selama berada di atas kapal, para penumpang juga diwajibkan untuk meng­gunakan masker. Dan men­jaga jarak antar penumpang serta sejumlah persyaratan penerapan protokol kesehatan lainnya.

“Selaku operator kapal, kami siap mendukung penuh lang­kah pemerintah dalam mence­gah peningkatan penularan Covid-19,” tutupnya. [IMA]