Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cegah Kerumunan, Ganjar Dorong Tempat Vaksinasi Diperbanyak

Selasa, 6 Juli 2021 16:02 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau vaksinasi gotong royong yang diselenggarakan Kadin Jateng, di RS Telogorejo Semarang, Selasa (6/7). (Foto: Humas Jateng)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meninjau vaksinasi gotong royong yang diselenggarakan Kadin Jateng, di RS Telogorejo Semarang, Selasa (6/7). (Foto: Humas Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, pelaksanaan vaksinasi di Jawa Tengah (Jateng) tetap berlangsung. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pun mendorong agar tempat vaksinasi diperbanyak, agar mengurangi kerumunan saat proses penyuntikan.

“Untuk vaksinasi sebenarnya memang harus kita percepat. Cuma, mesti kita atur agar tetap bisa menjaga prokes (protokol kesehatan). Biasanya kerumunan-kerumunan itu yang harus diatur dengan baik,” kata Ganjar, usai meninjau pelaksanaan vaksinasi gotong royong yang diselenggarakan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jateng, di RS Telogorejo Semarang, Selasa (6/7), seperti keterangan Humas Pemprov Jateng.

Baca juga : Punya Stok 9,2 Juta Dosis AstraZeneca, Vaksinasi Bisa Dipercepat

Ganjar menjelaskan, percepatan vaksinasi juga harus didukung tempat penyuntikan yang banyak dan tersebar di beberapa lokasi. Itu dilakukan agar kerumunan yang biasa terjadi bisa diatur dengan baik.

“Kita sedang ngebut (vaksinasi) agar herd immunity terjadi. Penting sekarang outlet (tempat vaksinasi) diperbanyak, sehingga kerumunan akan semakin sedikit,” ucapnya.

Baca juga : Angkasa Pura I Siapkan Sentra Vaksinasi Di 15 Bandara

Terkait vaksinasi gotong royong di RS Telogorejo, Ganjar sangat mengapresiasi pihak perusahaan maupun Kadin Jateng, yang mendorong karyawannya untuk divaksin. “Kalau ini kan vaksin gotong royong yang dibantu Kadin Jateng dan RS Telogorejo. Dari perusahaan, saya berharap karyawannya bisa lebih cepat disuntik. Kalau ini bisa dilakukan, maka herd immunity bisa cepat terjadi,” ungkap Ganjar.

Ganjar menambahkan, pihaknya terus berupaya agar ada penambahan stok vaksin di Jateng. Hal itu sudah dikoordinasikan dengan Kementerian Kesehatan. Ganjar berharap, dalam waktu dekat vaksin tambahan itu bisa segera datang.

Baca juga : Gercep Atasi Kelangkaan, Ganjar Bentuk Satgas Oksigen

“Mudah-mudahan minggu-minggu ini ada stok tambahan baru lagi untuk vaksin. Sehingga bisa berjalan paralel. Vaksin gotong royong dan reguler bisa bareng,” tandas Ganjar. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.