Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tak Hanya Kimia Farma, Swasta Juga Boleh Jual Vaksin Gotong Royong

Minggu, 11 Juli 2021 17:19 WIB
Vaksin Covid-19 Sinopharm. (Foto: Ist)
Vaksin Covid-19 Sinopharm. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kimia Farma Tbk menyiapkan pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong (VGR) Individu. Korporasi farmasi ini akan membuka klinik vaksinasi Covid-19 individu secara resmi Senin (12/9).

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari PT Bio Farma (Persero) Bambang Heriyanto mengungkapkan, program Vaksinasi Gotong Royong Individu tidak hanya dijalankan oleh PT Kimia Farma (Persero) semata. Perusahaan swasta juga dapat menjalankan program ini.

Bambang memaparkan, program Vaksinasi Gotong Royong Individu memiliki dasar hukum, yakni Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 19 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.

Baca juga : Kimia Farma Diagnostika Gelar Vaksinasi Gotong Royong Individu

Dalam beleid itu, ada perluasan program Vaksinasi Gotong Royong demi mempercepat herd immunity atau kekebalan komunal di tanah air. Terutama di daerah yang menjalankan PPKM Darurat.

Melalui aturan itu, disebutkan kalau program Vaksinasi Gotong Royong juga diperluas tidak hanya untuk badan hukum atau badan usaha, melainkan individu atau orang perorangan.

Menurutnya, mereka bisa memperoleh vaksin dari sejumlah fasilitas layanan kesehatan. Sementara ini, pelayanan dilaksanakan oleh anak usaha Bio Farma, Kimia Farma.

Baca juga : Pertamina Balikpapan Gelar Vaksinasi Gotong Royong

"Fasilitas layanan kesehatan terbuka tidak hanya Kimia Farma. Tetapi nanti ke swasta yang tidak sedang melayani program pemerintah," ujar Bambang dalam keterangan virtualnya, Minggu (11/7).

Swasta, lanjut Bambang, dapat menggelar Vaksinasi Gotong Royong selama syarat-syarat terpenuhi. Salah satunya, vaksin yang digunakan tidak sama dengan program pemerintah. Diketahui, pemerintah menggunakan vaksin merk Sinovac dan AstraZeneca. Sementara program Vaksinasi Gotong Royong Individu baru menggunakan Sinopharm.

Harga vaksin lengkap, atau dua dosis Sinopharm berbayar untuk individu ditetapkan pemerintah sebesar Rp 879.140 per orang. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.