Dark/Light Mode

Kadin Bangun Sentra Vaksinasi Gotong Royong

Rabu, 19 Mei 2021 14:05 WIB
Ketua Umum Kadin Rosan Perkasa Roeslani (kanan), Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kanan) dan Chief Executive Officer PT Lippo Karawaci Tbk John Riady (kiri). (Foto: ist)
Ketua Umum Kadin Rosan Perkasa Roeslani (kanan), Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kanan) dan Chief Executive Officer PT Lippo Karawaci Tbk John Riady (kiri). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) membangun fasilitas Sentra Vaksinasi Gotong Royong untuk memperlancar program vaksin untuk pekerja itu.

Ketua Umum Kadin, Rosan Perkasa Roeslani mengatakan, hadirnya sentra Vaksinasi Gotong Royong merupakan bentuk komitmen nyata dari Kadin Indonesia. Sentra Vaksinasi Gotong Royong membantu perusahaan-perusahaan yang tidak memiliki kerja sama dengan Fasilitas Layanan Kesehatan (fasyankes), terutama UMKM di Jakarta untuk dapat mengggunakan layanan kesehatan ini.

“Jadi, Kadin Vaksin Center ini berfungsi sebagai tempat pelaksanaan vaksinasi. Kami harapkan fasilitas yang ada sudah bisa memenuhi kebutuhan untuk dilakukannya vaksinasi" kata Rosan saat mengunjungi Sentra Vaksinasi Gotong Royong di Spark Mall, Senayan, Rabu (19/5).

Hadir dalam kesempatan itu Menteri BUMN, Erick Thohir dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria.

Baca juga : CCEP Indonesia Gelar Program Vaksinasi Gotong Royong

Rosan menuturkan, Kadin Vaksin Center yang berada di Senayan Park Mall (SPARK Mall) ini bisa menampung dan melakukan vaksinasi minimal 500 orang hingga maksimal 1000 orang per hari.

"Pelaku usaha menantikan vaksin ini, karena untuk mempercepat operasional usaha mereka agar segera pulih. Kita harapkan dengan adanya vaksinasi di kalangan bisnis akan turut berimbas positif terhadap pertumbuhan ekonomi kita," kata dia.

Program tersebut telah diikuti baik oleh UMKM dan korporasi. Dikatakan Rosan, pihaknya membuka sentra vaksinasi gotong royong untuk memudahkan pelaksanaan vaksinasi bagi peserta program vaksin gotong royong yang diperuntukan bagi kalangan swasta khususnya usaha menengah dan kecil. Dia menyebut, Kadin telah menghimpun lebih dari 22.000 badan usaha yang mendaftar terhitung sejak akhir Januari hingga saat ini.

Seperti diketahui, Kadin telah memulai pelaksanaan (kick off) Vaksinasi Gotong Royong serentak di 18 perusahaan pada 18 Mei 2021 yang dibuka secara resmi oleh Presiden Jokowi. Saat itu, sedikitnya ada 200 perusahaan yang sudah mendaftarkan karyawan atau yang dengan keluarga karyawannya sebagai peserta mengikuti vaksinasi tahap pertama.

Baca juga : Jokowi Akui Sulit Dapatkan Vaksin

Peserta vaksinasi dalam acara kick off itu merupakan perusahaan yang telah mendaftar di tahap pertama, selain juga sesuai arahan pemerintah pelaksanaan diutamakan pada sektor manufaktur/padat karya. Antara lain Unilever Indonesia, Indocement Tunggal Prakarsa, Chandra Asri Petrochemical, Hanjaya Mandala Sampoerna, Pan Brothers, Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Kemudian Mayora Indah, Kalbe Farma, Coca Cola Bottling Indonesia, Yuasa Battery Indonesia, Sinar Mas, Astra Otoparts, United Tractors, Ariobimo Laguna Perkasa, Gunung Sewu Kencana, Gajah Tunggal, Indah Kiat Pulp and Paper, serta Asahimas Flat Glass.

Dalam merealisasikan Sentra Vaksinasi Gotong Royong di Senayan Park Mall (Spark Mall) ini, Kadin Indonesia bersinergi erat dengan Siloam Hospitals Group dan Lippo Malls. Pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong dilakukan dengan dukungan tenaga kesehatan yang disiapkan oleh Siloam Hospitals Group, dan lokasi yang di sediakan oleh pihak Lippo Malls.

“Kami mendukung upaya ini dengan menyediakan tenaga Kesehatan untuk layanan vaksinasi di sejumlah mall yang memiliki tempat luas dan mudah diakses oleh masyarakat,” ujar Presiden Direktur PT Siloam International Hospitals Tbk, Darjoto Setyawan. 

Baca juga : Dampingi Jokowi, Arsjad Rasjid Pantau Gelaran Vaksinasi Gotong Royong Perdana

Chief Executive Officer PT Lippo Karawaci Tbk dan Presiden Komisaris PT Siloam International Hospitals Tbk John Riady menyambut baik kerja sama ini dan mengutarakan optimismenya akan program Vaksinasi Gotong Royong. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.