Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Soal Darurat Militer

Muhadjir Banjir Nasihat

Minggu, 18 Juli 2021 07:15 WIB
Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy. (Foto: Humas Kemenko PMK)
Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy. (Foto: Humas Kemenko PMK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pernyataan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy soal darurat militer dalam menangani Corona, berbuntut panjang. Karena dianggap keliru, Muhadjir banjir nasihat baik dari kawan maupun lawan.

Omongan soal darurat militer itu, disampaikan Muhadjir saat ditanya wartawan soal Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, usai meninjau Hotel University Club Universitas Gadjah Mada (UGM) yang dijadikan shelter pasien Corona di Yogyakarta, Jumat (16/7).

Awalnya, Muhadjir mengatakan soal rencana perpanjangan PPKM Darurat sampai akhir Juli. Lalu, dia mengaitkan PPKM Darurat dengan darurat militer.

Baca juga : Muhadjir Sebut Indonesia Darurat Militer, Berikut Penjelasan Mahfud MD

“Sebenarnya, kita dalam keadaan darurat militer walaupun tidak ada yang men-declare. Darurat militer, darurat perang, nah kalau sekarang ini sudah darurat militer,” ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Kenapa darurat militer? Karena, kata Muhadjir, Indonesia sedang berperang melawan musuh yang tak terlihat: Corona. “Ini betul-betul sudah darurat militer, hanya musuhnya bukan musuh militer konvensional, tapi pasukan tak terlihat,” jelas Muhadjir.

Pernyataan Muhadjir ini pun langsung bikin heboh. Para selebtwit mempertanyakan darurat militer yang dimaksud.

Baca juga : PPKM Darurat Diyakini Dorong Pertumbuhan Transaksi Digital

Mantan Anggota Ombudsman Alvin Lie, salah satunya. Melalui akun Twitternya @alvinlie21, dia mempertanyakan maksud pernyataan Muhadjir. “Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) V, darurat militer berarti ‘keadaan darurat suatu wilayah yang dikendalikan oleh militer sebagai pemimpin tertinggi,” ujarnya.

Politisi Gerindra, Fadli Zon juga ikutan menyentil Muhadjir. Menurutnya, omongan Muhadjir soal darurat militer ngawur. “Kok bisa mengatakan sekarang darurat militer. Mana militernya?” ujarnya, di akun Twitternya @fadlizon.

Politisi Demokrat, Jansen Sitindaon menilai, kalimat darurat militer diucapkan Muhadjir sangat berbahaya. “Selain bukan kewenangannya, salah besar dan sangat tidak tepat anda bicara begini pak. Keplesetnya kejauhan,” ujarnya, di akun Twitternya @jansen_jsp.

Baca juga : PPKM Darurat Diperpanjang, Pengusaha Pusing

Agar omongan Muhadjir tak terus-terusan digoreng, Menko Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD turun tangan. Dia meluruskan omongan Muhadjir soal darurat militer.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.