Dark/Light Mode

Lestarikan Budaya Bajo, Mahasiswa Internasional Usulkan Museum Virtual

Jumat, 23 Juli 2021 13:14 WIB
Pertemuan virtual yang diadakan Program Internasional Fakultas Sosial, Universitas Waseda, Jepang bertajuk Menyelamatkan Budaya Bajo. (Foto: Istimewa)
Pertemuan virtual yang diadakan Program Internasional Fakultas Sosial, Universitas Waseda, Jepang bertajuk Menyelamatkan Budaya Bajo. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Civitas akademika Program Internasional Fakultas Sosial, Universitas Waseda, Jepang menggelar program regerasi kota sebagai upaya untuk membentuk ulang citra sebuah kota.

Program kali ini dikemas dalam sebuah diskusi daring dengan tema “Menyelamatkan Budaya Bajo” pada Kamis (15/7) lalu. Diskusi ini melibatkan mahasiswa internasional Fakultas Sosial Universitas Waseda yang telah melakukan penelitian terkait Budaya Bajo sejak April 2021.

Baca juga : Lewat Gamelan Jawa, Budaya Indonesia Diperkenalkan Di Prancis

Andhika Budi Prasetya, narasumber dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan paparan secara mendalam mengenai jaringan Kota Pusaka Indonesia.

Ia  berkesempatan memberikan komentar terhadap ide dan usulan para mahasiswa internasional yang peduli pada pelestarian budaya Bajo, khususnya Suku Bajo yang hidup di Desa Mola Raya, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Baca juga : Pegadaian Gelar Doa Istighosah Nasional Secara Virtual

Selain melakukan studi literatur, mahasiswa Internasional Fakultas Sosial, Universitas Waseda Jepang juga telah sering berinteraksi dan berdiskusi dengan wakil pemuda dari Desa Mola Raya melalui sejumlah pertemuan daring.

Proses interaksi ini didampingi Putra Arief Budiman dari Kementerian PUPR yang tengah menyelesaikan studi doktoral di Universitas Waseda.

Baca juga : 7 Juta Warga Jabar Sudah Terima Bansos Dari Kementerian Sosial

Setelah empat bulan melakukan penelitian, para mahasiswa yang terbagi menjadi lima kelompok menyampaikan ide dan usulan mereka untuk mendukung pelestarian budaya Bajo.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.