Dark/Light Mode

Lewat Gamelan Jawa, Budaya Indonesia Diperkenalkan Di Prancis

Kamis, 22 Juli 2021 14:43 WIB
Lewat Gamelan Jawa, Budaya Indonesia Diperkenalkan Di Prancis

RM.id  Rakyat Merdeka - KBRI Paris bekerja sama dengan Pemerintah Kota Arles dan Asosiasi Tapenade menggelar pelatihan gamelan Jawa dan budaya-budaya Indonesia bagi anak-anak dan masyarakat Kota Arles dan sekitarnya pada Sabtu, 17 Juli 2021 di Paris.

Pelatihan tersebut menjadi salah satu kegiatan dalam Festival des Suds, yang merupakan festival musim panas yang berada di bagian selatan Prancis, tepatnya di Kota Arles.

Berita Terkait : Gandeng Gojek, Telkom Jaring Talenta Digital Di Indonesia Timur

Pelatihan gamelan tersebut dimulai dari 12 Juli hingga 16 Juli 2021 yang berlokasi di Croisière, Kota Arles. Pada 17 Juli, acara ditutup dengan konser gamelan yang dimainkan oleh peserta magang. Mereka adalah musisi pemula dan profesional binaan Gamelan Kancil, dipimpin musisi Henri Maquet.

Dalam sambutannya, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Paris, Prof Warsito mengatakan, KBRI Paris bersama Pemerintah Kota Arles dan Gamelan Kancil akan terus berkolaborasi dalam misi pengenalan budaya Indonesia. Pihaknya akan terus berkolaborasi melalui pelajaran gamelan Jawa di sekolah-sekolah Kota Arles.

Berita Terkait : Pemusatan Latihan Di Kumamoto, Pelatih Tim Bulutangkis Indonesia Apresiasi Kegigihan Pemain

“Terutama di sekolah musik Studio Franceschi yang akan mendapat pembelajaran gamelan dan pengenalan budaya-budaya Indonesia, mulai September mendatang hingga Juni 2022, ujarnya, Sabtu (17/7).

Warsito juga berterima kasih kepada Wali Kota Arles, yang diwakili oleh Wakil Wali Kota bidang Budaya dan Asosiasi, Claire de Causans yang telah memberikan kesempatan kepada gamelan Jawa, untuk menjadi bagian Festival des Suds. “Kami juga berterima kasih dan mengapresiasi asosiasi Tepanade melalui Gamelan Kancil, yang selalu aktif mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat Prancis,” ujarnya.
 Selanjutnya