Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tinjau Vaksinasi Di Kulonprogo, Kapolri Imbau Sektor Ekonomi Terapkan Prokes Ketat

Sabtu, 21 Agustus 2021 16:17 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kanan), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kiri) dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kulon Progo, DI Yogyakarta, Sabtu (21/8). (Foto: Humas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (kanan), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (kiri) dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kulon Progo, DI Yogyakarta, Sabtu (21/8). (Foto: Humas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin hari ini meninjau vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta.

Tiba di Bandara Internasional Yogyakarta pukul 11.00 WIB, ketiganya langsung menuju Auditorium Taman Budaya Kulon Progo, tempat pelaksanaan vaksinasi.

Kegiatan vaksinasi ini menargetkan 2.500 dosis vaksin jenis Sinovac dengan sasaran para pelajar hingga masyarakat umum wilayah Kulon Progo.

Baca juga : Rehabilitasi Mangrove Bantu Ekonomi Masyarakat Desa Sedanau Natuna

Dalam kesempatan tersebut Kapolri mengingatkan, adanya pelonggaran-pelonggaran aturan di beberapa sektor, khususnya ekonomi, berpotensi menimbulkan peningkatan penularan Covid-19. Karena itu, protokol kesehatan ketat harus diterapkan untuk meminimalisir risiko tersebut.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, di tengah situasi pelonggaran yang ada, untuk selalu menaati protokol kesehatan, mulai penggunaan masker dan melaksanakan aturan-aturan yang telah dibuat oleh pemerintah, Mendagri," imbau Sigit, Sabtu (21/8).

Selain itu, upaya lain yang juga dilakukan adalah melakukan akselerasi atau percepatan vaksinasi. "Kegiatan vaksinasi akan kami tingkatkan mulai minggu-minggu ini hingga akhir tahun," imbuh mantan Kabareskrim Polri ini.

Baca juga : Kapolri Kasih Hormat Ke Para Sukarelawan

Sigit pun meminta masyarakat yang belum melaksanakan vaksinasi untuk lekas datang ke gerai-gerai yang telah disiapkan TNI- Polri, bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda).

Yang juga diingatkan Kapolri adalah soal isolasi terpusat atau terpadu (isoter). Dia meminta warga terinfeksi Covid-19 dengan gejala ringan untuk menjalani isolasi di tempat isoter yang telah disiapkan, mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga kabupaten.

"Karena saya yakin dengan melaksanakan isoter, masyarakat mendapatkan pengawasan langsung dokter/tenaga medis serta obat, yang lebih baik dibanding dengan melaksanakan isolasi mandiri," tutur Sigit.

Baca juga : Kadin Dorong Vaksinasi Untuk Industri Berbasis Ekspor dan Perhotelan

Dengan begitu, masyarakat yang sakit segera diberi kesembuhan. Sementara masyarakat yang belum sakit, terlindungi dari sakit. "Dengan syarat protokol kesehatan dan vaksinasi harus berjalan dengan baik," tutup Kapolri.

Selain meninjau vaksinasi, Kapolri, Panglima TNI dan Menkes juga meninjau penggunaan aplikasi Si Lacak dan Ina Risk untuk kegiatan tracing. Kemudian, dilanjutkan dengan memberikan bantuan sosial (bansos) secara simbolis kepada masyarakat Kulon Progo. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.