Dark/Light Mode

Sambut PON Papua

BNPB Bagikan 5.000 Masker Di Bandara Sentani

Kamis, 30 September 2021 12:58 WIB
Gerai Masker Satuan Tugas Protokol Kesehatan PON XX Kabupaten Jayapura yang digelar di Bandara Internasional Sentani, Rabu (29/9). (Foto: Dok. BNPB)
Gerai Masker Satuan Tugas Protokol Kesehatan PON XX Kabupaten Jayapura yang digelar di Bandara Internasional Sentani, Rabu (29/9). (Foto: Dok. BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua akan resmi dimulai pada 2 Oktober mendatang. Para kontingen mulai berdatangan di Bandar Udara (Bandara) Internasional Sentani, khususnya bagi mereka yang akan bertanding di Kota dan Kabupaten Jayapura.

Mengingat hal tersebut, Badan Nasional Penanggulangan Becana (BNPB) melalui Sub-satuan Tugas Protokol Kesehatan  (Prokes) PON XX Kabupaten Jayapura melakukan penguatan prokes di Bandara terbesar di Provinsi Papua tersebut.

Sebanyak 11 relawan diturunkan untuk membagikan masker dan mengedukasi pendatang maupun masyarakat di kawasan Bandara Internasional Sentani, Rabu (29/9).

Baca juga : Pemkab Taput Datangkan 1.000 DosisVaksin Sinopharm Untuk Pelajar

Para relawan yang bergabung dari berbagai organisasi membagikan sebanyak 5.000 masker kain melalui program "Gerai Masker". Masyarakat ramai mengunjungi gerai tersebut untuk mendapatkan masker yang dibagikan secara gratis oleh para Relawan Protokol Kesehatan.

Salah satu ambassador PON XX, Fatma mengatakan ia sangat antusias dengan adanya PON XX di Papua. "Sejauh ini semua berjalan dengan baik dan lancar, masyarakat sangat antusias dengan PON XX kali ini," ujar Fatma.

Perihal prokes selama pra-pembukaan, ia mengaku sudah berjalan cukup baik meski masih ada beberapa yang tidak patuh. Dengan adanya program gerai dan mobil masker ini, ia berharap dapat meningkatkan disiplin protokol kesehatan masyarakat Papua.

Baca juga : Jelang PON Papua, BNPB Bagikan 1.500 Masker Untuk Warga Mimika

"Program pembagian masker ini sangat bagus dilakukan di sini, apalagi untuk beberapa masyarakat masih ada yang belum memakai masker," terangnya.

Seperti halnya di wilayah lain, penguatan prokes di Bandara Internasional Sentani juga diiringi dengan edukasi protokol kesehatan. Dengan adanya penegakan prokes 5M (Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas) diharapkan penyelenggaraan PON XX di Papua tetap aman dari lonjakan kasus Covid-19.

Selain di Kabupaten Jayapura, BNPB juga telah melakukan penguatan prokes jelang pembukaan PON XX di tiga Kabupaten/Kota lainnya yaitu di Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke. Adapun Total masker yang telah dibagikan BNPB sejak Minggu (26/9) sebanyak 189.900 masker. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.