Dewan Pers

Dark/Light Mode

Gibran Ngebet Gaspol Bangun Ekosistem Smart City Berkelanjutan Di Solo

Rabu, 13 Oktober 2021 22:05 WIB
Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat mengunjungi pameran. (Foto: Ist)
Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka saat mengunjungi pameran. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka menghadiri acara pembukaan ISCFE (Indo Smart City Forum & Expo) 2021 yang di gelar Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di The Rich Jogja Hotel, Rabu (13/10).

ISCFE 2021 suatu rangkaian dengan kegiatan rapat kerja teknis APEKSI 2021 sekaligus sebagai ajang membahas isu-isu terkini seputar Smart City. Smart City merupakan sebuah konsep kota pintar yang membantu masyarakat dalam mengelola sumber daya yang ada dengan efisien.

ISCFE 2021 berlangsung tiga hari mulai tanggal 13 sampai 15 Oktober 2021, dengan dihadiri lima puluh Walikota se-Indonesia. Dengan mengusung tema “Membangun Ekosistem Smart City Berkelanjutan Bagi Penanggulangan Pandemi”. 

Berita Terkait : Kemenperin Ngebet Bangun Ekosistem Industri Halal

Pembukaan acara ISCFE 2021 dibuka dengan sambutan Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Bima Arya Sugiarto, dan sambutan kedua disampaikan oleh Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan sambutan terakhir disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Luhut Binsar Pandjaitan.

Menko Marves mengapresiasi hasil dari kerja keras Asosiasi Pemerintah dalam mewujudkan terciptanya Smart City di seluruh Indonesia.

“Terselenggaranya acara ini adalah berkat kerja keras dari Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) yang bersama-sama ingin terus memberikan perubahan pertambahan nilai positif di masing-masing kota sehingga mewujudkan kota yang pintar (Smart City). Kota yang pintar seperti Smart City merupakan objek kota yang didambakan seluruh negara di berbagai belahan dunia,” Ungkap Luhut.

Berita Terkait : Jepang Mau Kembangkan Teknologi Hutan Berkelanjutan Di Indonesia

Tujuan utama dari pembangunan Smart City adalah bagaimana kita melestarikan lingkungan, meningkatkan daya saing ekonomi serta membangun masyarakat modern yang madani dengan saling berhubungan antar-sistem dan terpadu untuk semua lapisan masyarakat antar Lembaga Pemerintah.

Walikota Surakarta menjelaskan bahwasanya ini merupakan momen yang tepat untuk membangkitkan dan juga mentrigger untuk percepatan pemulihan ekonomi, serta Gibran berharap Kota Solo dapat mengikuti perkembangan Smart City. 

“Solo tidak mau ketinggalan dan akan terus gas pol dan kita akan terus banyak beradaptasi,” tutup Gibran. [EFI]