Dark/Light Mode

Kebijakan Hankam Cemerlang

Prabowo Sanjung Jokowi

Rabu, 20 Oktober 2021 18:00 WIB
Presiden Jokowi bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat melantik komponen cadangan di Pusdiklat Kopassus. (Foto: Humas Kemhan)
Presiden Jokowi bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat melantik komponen cadangan di Pusdiklat Kopassus. (Foto: Humas Kemhan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyanjung keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di bidang pertahanan.

"Keputusan-keputusan beliau banyak cemerlang. Harus saya akui. Saya bukan ngotot ini," ungkap Prabowo, saat memberikan kuliah umum di Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Senin (19/10).

Baca juga : Akbar Tandjung Harap Airlangga Hartarto Menang Pilpres 2024

Keputusan itu, disebutkan Prabowo, antara lain, mengalokasikan anggaran yang memadai untuk sektor pertahanan dan keamanan (hankam). Selain itu, mendorong pembentukan Komponen Cadangan (komcad).

"Itu menjadi semangat kita untuk membangun Indonesia menjadi negara yang seharusnya," imbuhnya.

Baca juga : Stabilkan Harga, Kementan Serap Telur Peternak Rakyat

Prabowo mengingatkan, kekuatan militer sebuah negara dan bangsa sangat penting dalam menjaga kekayaan dan kedaulatan negara. Dia pun mengutip peribahasa latin si vis pacem, para bellum (jika kau mendambakan perdamaian, bersiap-siaplah menghadapi perang).

Selain harus kuat dalam menjaga kekayaan negara, Prabowo menekankan pentingnya membuat sistem pengelolaan kekayaan tersebut agar dapat terdistribusi kepada kaum papa.

Baca juga : Jotun Serahkan Pajero Sport Untuk Pemenang Promo Berkah

Prabowo mengajak para mahasiswa UKI Toraja agar tetap memegang teguh Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, serta mengedepankan hidup rukun antarumat beragama. Keempat hal tersebut merupakan pedoman dalam menjaga kekuatan dan persatuan. "Bersatu kita akan kuat dan teguh. Kalau kita kuat, kita sejahtera. Kalau kita kuat akan berdamai, Indonesia makmur. Indonesia akan menjadi Indonesia raya," pungkas Prabowo. [SRF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.